Deretan Mobil yang Kini Tak Dijual Lagi di Indonesia

0
(CarWale)

RiderTua.com – Kini Jazz sudah tak lagi diproduksi di Indonesia setelah City Hatchback dirilis. Mobil ini menjadi satu dari sekian model yang mengalami nasib serupa beberapa tahun lalu. Dari Honda Freed sampai Chevrolet Spin pernah terkenal di Tanah Air sebelum disuntik mati. Alasannya tentu saja karena sudah tak laku di pasar.

Baca juga: Honda Tetap Sediakan Layanan Purnajual Untuk Jazz

Dari Freed Sampai Spin Pernah Terkenal di Tanah Air

Jazz menjadi mobil kedua Honda Indonesia yang disuntik mati setelah Freed. Mobil MPV sliding door ini sempat menjadi mobil favorit konsumen Indonesia sejak pertama kali dijual pada tahun 2008. Sayangnya karena kalah saing dengan LMPV, Freed hanya bisa bertahan hingga tahun 2016.

Tak hanya Freed, model sejenisnya seperti Mitsubishi Delica dan Nissan Evalia mengalami hal yang sama. Hanya saja Evalia tak lagi dijual karena ‘strategi perusahaan’ dari Nissan, mungkin ini tak ada kaitannya dengan restrukturisasi yang tengah terjadi. Kecuali mobil kota Nissan March, yang disuntik mati karena kurang laku di pasar.

(Island Echo)

Dulu Tenar, Sekarang Terlupakan?

Selain March, Suzuki Swift dan Splash tak dapat bertahan sebelum akhirnya digantikan oleh Baleno dan Ignis. Kemudian Chevrolet Spin disetop penjualannya karena dianggap kurang cocok dijual di Indonesia, terlebih setelah mengalami perombakan manajemen. Chevy kini tak lagi berjualan di Indonesia dan Thailand akibat kondisi pasar.

Toyota pernah menjual Etios Valco yang sempat menjadi sorotan, tapi sayangnya gagal bertahan lebih lama di pasarnya. Penyebabnya selain karena kurang laku, tak ada pilihan transmisi matik menjadi alasan kenapa konsumen kurang menyukai model yang satu ini. Meski masih ada mobil tanpa versi matik yang dijual saat ini, contohnya Wuling Confero.

Keadaannya cukup berbeda dengan model yang dijual di luar negeri, dimana sebagian besar modelnya sudah mendapat penyegaran. Nampaknya ketujuh mobil ini mulai dilupakan oleh konsumen Tanah Air dengan hadirnya produk baru.

Leave a Reply