Segmen Hatchback di Indonesia yang Mulai Berkembang

0
(Honda Indonesia)

RiderTua.com – Walaupun bukan menjadi salah satu segmen favorit di Indonesia, segmen hatchback masih dicari-cari konsumen. Terbukti dengan hasil penjualan sepanjang bulan Januari lalu yang menunjukkan pertumbuhan yang cukup pesat walau hasilnya masih lumayan kecil. Segmen mobil hatchback mampu mencatatkan hasil penjualan yang bagus, yaitu sebesar 1.174 unit atau naik 12,4 persen. Honda Jazz masih memimpin segmennya dan mampu mengungguli rivalnya, Toyota Yaris.

Baca juga: Ekspor Mobil Suzuki Indonesia Meningkat di Awal Tahun

Segmen Hatchback Mencatatkan Hasil Penjualan Bagus

Pertumbuhan tersebut memang cukup bagus, meski hasilnya tak semaksimal bulan Januari tahun lalu. Tentu saja dengan kondisi pasar yang terjadi belakangan ini membuat hasil penjualan ikut terpengaruh. Hatchback menjadi satu diantara sejumlah segmen mobil di Tanah Air yang mengalami dampak paling serius.

Walau tak sebaik tahun lalu, tapi jika dibandingkan dengan bulan Desember 2020 sudah jauh lebih baik. Saat itu terjadi pelemahan yang masih terasa sejak penurunan pasar sekitar pertengahan tahun 2020 lalu. Tentu itu saja sudah menjadi kabar baik bagi produsen.

(GridOto)

Jazz Tetap Dominasi

Seperti tahun sebelumnya di periode yang sama, Honda Jazz memimpin segmennya dengan hasil mencapai 407 unit. Hasil tersebut memang tak setinggi tahun lalu, tapi setidaknya model ini masih unggul dari rival utamanya, Toyota Yaris. Hatchback ini harus puas menempati posisi kedua dengan 351 unit terjual.

Sementara di posisi ketiga ada hatchback dari Suzuki, yaitu Baleno yang terjual hingga 335 unit. Penurunannya memang tak setajam Jazz maupun Yaris, dan hasil tersebut masih lebih baik dari dua model lainnya setelahnya. Mazda 2 dan Volkswagen Polo masing-masing terjual sebanyak 73 unit dan 8 unit selama sebulan.

Jazz masih bisa bertahan di pasar hatchback Indonesia setidaknya untuk sekarang. Mengingat model ini disebut-sebut akan segera digantikan oleh mobil Honda lainnya, yaitu City Hatchback. Sampai sekarang model tersebut belum juga dirilis, mungkin karena Honda masih menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkannya.

Leave a Reply