Pasar Mobil Listrik Naik Drastis, Semakin Mendominasi?

0
Pemerintah Indonesia gandeng Tesla
(driving.ca)

RiderTua.com – Selama ini segmen mobil listrik sudah cukup berkembang pesat selama beberapa tahun belakangan. Makin banyak produsen otomotif yang semakin serius dalam menggeluti segmen tersebut dengan menghadirkan produk serupa. Hasilnya pangsa pasar mobil listrik mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Meski dalam kondisi tak menentu, tapi nampaknya itu tak memberikan dampak serius.

Baca juga: Mobil Listrik Tesla Laris Manis, Unitnya akan Ditambah

Pangsa Pasar Mobil Listrik Mengalami Peningkatan

Selama beberapa bulan lalu, pasar otomotif di seluruh dunia mengalami penurunan drastis akibat kondisi yang terjadi. Tak sedikit produsen yang mengalami dampak tersebut, terlebih banyak pameran yang ditunda atau dibatalkan. Sehingga mereka makin kesulitan berjualan seperti biasa.

Tapi mereka yang berjualan model ramah lingkungan seperti EV alias mobil listrik masih baik-baik saja. Contohnya Tesla yang masih dapat menjual banyak EV walau dalam situasi tersebut. Sehingga terjadi kenaikan penjualan model listrik di sejumlah negara, seperti di Amerika Serikat, walau peningkatannya tak seberapa.

(Tesla)

Semakin Meningkat

Kenaikannya hanya mencapai 1,8 persen saja, tapi itu sudah jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Itu berarti makin banyak konsumen yang mulai tertarik pada mobil listrik. Bahkan dalam keadaan pasar yang naik turun sekalipun hampir tak memberikan dampak serius pada hasil penjualannya.

Memang tak semua penjualan mobil tiap merek mengalami peningkatan drastis, namun tetap saja, itu menjadi sesuatu yang baik bagi produsen. Makin banyak konsumen yang mulai menerima mobil ramah lingkungan ini karena lebih efisien dibanding mobil konvensional. Sepertinya tren ini akan terus bertahan hingga tahun ke depan.

Agar pasarnya berkembang, sejumlah produsen sudah merancang sejumlah model untuk dikenalkan di pasar nantinya. Bahkan ada juga yang tak ragu-ragu untuk menyiapkan hingga lebih dari lima model EV sekaligus. Ini artinya makin banyak produsen yang semakin serius dalam menggeluti segmen tersebut.

Leave a Reply