Ini Mobil MPV ‘Sliding Door’ yang Dapat Insentif Pajak

0
(OtoDriver)

RiderTua.com – Sebentar lagi sejumlah mobil di Indonesia bakal mendapat insentif pajak nol persen. Artinya harganya bisa lebih murah dari yang sekarang, dan ini dilakukan demi meningkatkan hasil penjualan yang sempat anjlok sebelumnya. Termasuk mobil pintu geser alias sliding door yang juga mendapat insentif pajak atau PPnBM nol persen. Namun tentu saja hanya model tertentu yang bisa mendapatkannya.

Baca juga: Tiga Mobil Suzuki Ini Dapat Insentif Pajak, Model Lainnya Mana?

Mobil Pintu Geser Mendapat PPnBM Nol Persen

Segmen MPV pintu geser memang tak semeriah kelas low maupun medium MPV. Apalagi sejumlah model sudah tak dijual lagi di Indonesia, seperti Honda Freed. Tapi di kelas ini ada cukup banyak model yang ditawarkan, dari mobil murah Daihatsu Gran Max Minibus, rival Freed Toyota Sienta, sampai luxury car Toyota Alphard.

Dengan adanya insentif pajak yang akan diberlakukan tak lama lagi, maka mobil penumpang 4×2 bermesin 1.500 cc ke bawah yang mendapat ‘perlakuan khusus’ tersebut. Artinya model seperti Alphard, Odyssey, dan Elgrand tak kebagian karena tak memenuhi syarat tersebut. Apalagi ketiganya masih didatangkan langsung dari negara asalnya.

(Liputan6.com)

Luxio dan Sienta

Sehingga hanya menyisakan segelintir model seperti Gran Max Minibus, Luxio, dan Sienta. Sampai sekarang Sienta masih dijual oleh Toyota Astra Motor (TAM) walau rivalnya, Freed, sudah tak ada lagi di Tanah Air. Model ini dianggap memenuhi syarat karena selain bermesin 1.500, TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) Sienta lebih dari 70 persen.

Kemudian dua mobil sliding door dari Daihatsu, Luxio dan Gran Max Minibus, juga bebas PPnBM. Memang ini tak termasuk versi pikap yang juga menjadi varian lain dari Gran Max karena berjenis mobil niaga. Tapi setidaknya Daihatsu punya banyak model yang akan mendapat keringanan.

Hanya ada tiga model dari kelas MPV pintu geser, tapi setidaknya itu sudah lebih dari cukup. Apalagi baik Daihatsu maupun Toyota masih punya model lainnya yang mendapat insentif tersebut. Entah itu model LCGC, SUV, maupun low MPV.

Leave a Reply