Tiga Mobil Suzuki Ini Dapat Insentif Pajak, Model Lainnya Mana?

0
(Global Suzuki)

RiderTua.com – Tak lama lagi produsen mobil di Indonesia bisa menikmati insentif pajak nol persen. Dengan begitu, harga produk roda empat tertentu bakal lebih murah dari harga aslinya saat ini, sehingga mampu mendongkrak penjualannya. Tapi dari sekian merek yang ada, Suzuki hanya punya tiga model yang akan mendapat insentif pajak. Sementara model lainnya takkan kebagian karena berupa model impor.

Baca juga: Suzuki Thailand Rilis Swift Facelift, Minor Change?

Suzuki Punya Tiga Model yang Mendapat Insentif Pajak

Memang insentif tersebut tak bisa diberlakukan untuk semua mobil yang ada di Indonesia. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendapat keringanan tersebut. Seperti mobil dengan kapasitas mesin dibawah 1.500 cc, model 4×2, sampai model yang dirakit lokal dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 70 persen atau lebih.

Produsen seperti Toyota sudah tak perlu pusing-pusing memikirkannya, karena mereka punya banyak mobil yang dirakit lokal. Tapi tentu tak semua produk tak bisa menikmatinya begitu saja. Seperti Suzuki, yang hanya memiliki tiga model yang mendapat insentif, yaitu Ertiga, XL7, dan APV.

(Suzuki Indonesia)

Model CBU dan CKD

Ketiga model tersebut disebut sudah memenuhi persyaratan yang sudah ada, sedangkan sebagian besar model lainnya tak bisa memenuhi syarat tersebut. Seperti Baleno, Jimny, SX4 S-Cross, sampai Ignis yang didatangkan dalam bentuk CBU. Model lainnya seperti Karimun Wagon R walau dirakit lokal, tapi TKDN-nya tak sampai 70 persen.

Sementara Carry tak termasuk didalamnya karena berupa mobil niaga, meski menjadi andalan Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama ini. Walau hanya bisa mencakup tiga mobilnya, tapi SIS merasa itu sudah cukup. Apalagi Ertiga dan XL7 masih dapat menyumbangkan hasil yang cukup bagus.

Jika nanti insentif tersebut diberlakukan, maka baik APV, Ertiga-XL7, dan mobil lainnya akan dibanderol lebih murah dari harga normalnya. SIS berharap dengan adanya insentif ini, maka penjualan mobil unggulannya bisa meningkat pula.

Leave a Reply