Segmen Medium SUV Dikuasai CR-V, Unggul Dari Almaz!

0
Produksi Civic dan CR-V

RiderTua.com – Segmen mobil medium SUV tahun 2020 lalu kembali dikuasai oleh Honda CR-V. Sepertinya model yang satu ini menolak menyerah dari sejumlah rival sekelasnya yang juga cukup kuat, bahkan lebih unggul soal fitur. Segmen medium SUV dikuasai oleh CR-V setelah mengalahkan pesaing terberatnya, Wuling Almaz. Selain itu model lainnya juga mampu diungguli, dari Mazda CX-5 sampai Nissan X-Trail.

Segmen Medium SUV Dikuasai Oleh CR-V Setelah Mengalahkan Almaz

Sebenarnya jika dibandingkan dengan segmen lainnya, segmen medium SUV hampir sepi dari produk terbaru. Kecuali dengan kehadiran produk baru seperti MG HS, DFSK Glory i-Auto, sampai Peugeot 3008 yang menawarkan fitur berkelas. Bahkan lebih unggul ketimbang rival utamanya, Honda CR-V.

Meski sepanjang tahun lalu tak mendapat penyegaran apapun, CR-V ternyata masih mampu terjual lebih banyak dari model sejenisnya. Gaikindo mencatat ada 4.979 unit CR-V yang terjual pada tahun 2020. Hasil tersebut bahkan membuatnya unggul jauh dari sejumlah model lainnya, termasuk Wuling Almaz.

Segmen medium SUV dikuasai

Duo Glory dan MG HS

Mobil SUV dari Wuling tersebut terjual sebanyak 1.947 unit, lebih sedikit ketimbang CR-V dengan selisih lebih besar. Namun layaknya CR-V, Almaz juga mampu mengungguli model lainnya dengan hasil dibawah 1.000 unit. Seperti Mazda CX-5 yang menjual 709 unit serta rival utamanya, DFSK Glory i-Auto, mencatatkan hasil 198 unit.

Selanjutnya ada Nissan X-Trail yang terjual hingga 176 unit dan MG HS 173 unit. Disusul Peugeot 3008 sebanyak 102 unit, Hyundai Tucson 51 unit, DFSK Glory 580 45 unit, dan Renault Koleos 34 unit. Kalau diperhatikan ada gap cukup besar antara hasil yang didapat oleh CR-V, Almaz CX-5, sampai Glory i-Auto. Nampaknya ketiga model ini tak bisa berbuat banyak saat CR-V kembali mendominasi segmen.

Honda Prospect Motor (HPM) nampaknya kembli menguasai segmen lainnya setelah sebelumnya mampu mengungguli model LCGC dengan Brio Satya. Brio jugalah yang menjadi penyumbang penjualan terbesar bagi HPM, bahkan menjadi mobil terlaris pada tahun lalu, mengalahkan Toyota Avanza.

Leave a Reply