Hasil Impor Mobil CBU Turun Drastis!

0
Ekspor mobil sejuta unit
(Foto: Beritasatu.com)

RiderTua.com – Sebenarnya hasil impor mobil CBU ke Indonesia memang tak seburuk yang diduga. Tapi nyatanya hasilnya disebut lebih buruk ketimbang hasil penjualan mobil yang dipengaruhi oleh kondisi pasar. Hasil impor mobil CBU ke Tanah Air menurun hingga 53 persen, jauh lebih parah dari penjualan dalam negeri. Walau begitu, rata-rata disumbangkan dari pendatang baru di Indonesia seperti MG Motors.

Hasil Impor Mobil CBU ke Tanah Air Menurun 53 Persen

Meski sudah banyak mobil yang dirakit secara lokal, tapi masih ada yang didatangkan langsung dari negara lain. Toyota misalnya, dimana mereka tetap mendatangkan 15.811 unit mobil secara CBU, lebih sedikit dari hasil penjualannya di Indonesia. Walau sebenarnya keadaannya sama saja, karena hasil keduanya mengalami penurunan drastis.

Sementara merek lainnya seperti Suzuki dan Mitsubishi masing-masing menorehkan hasil lebih rendah dari Toyota, yaitu 5.092 unit dan 2.843 unit. Tapi jika dibandingkan dengan keduanya, Mitsubishi mengalami penurunan impor mobil paling besar, yaitu sebesar 84,2 persen. Hal serupa juga dialami oleh Daihatsu yang turun hingga 78,3 persen.

Hasil impor mobil CBU

Ada Merek Baru

Walau sebagian besar produsen mengalami penurunan hasil impor unit CBU, tapi justru ada yang meningkat drastis. Seperti BMW yang mencatatkan 252 unit didatangkan ke Indonesia, atau meningkat 78,7 persen dari tahun lalu. Ini terjadi karena merek ini rajin mengeluarkan produk baru, terutama untuk mobil edisi terbatas.

Merek lainnya seperti Peugeot sukses mendatangkan 240 unit mobil setelah meraih hasil maksimal dari model 3008 dan 5008. Renault dengan kenaikan hingga 40 persen didapatnya setelah mendatangkan segelintir produk baru, salah satunya Triber. Lalu Audi yang jarang terlihat merilis model anyar malah mengalami kenaikan impor unit CBU.

Merek baru seperti MG Motors masih bagus-bagus saja, dan tak ada penurunan sama sekali karena baru hadir pada tahun lalu. MG memang belum punya niatan untuk memproduksi mobil secara lokal di Indonesia, tapi itu saja sudah cukup bagus. Dengan berbagai produk baru yang akan dihadirkan nantinya, maka makin banyak model CBU yang berdatangan ke Tanah Air.

Leave a Reply