Tren Mobil Low SUV akan ‘Goyang’ Low MPV?

0
toyota-rush-2018
toyota-rush-2018

RiderTua.com – Tren mobil low SUV (LSUV) masih berkembang dengan baik di Indonesia meski low MPV (LMPV) lebih mendominasi. Meski segmen ini tak seramai segmen ‘sekelasnya’ tapi ternyata disebut-sebut punya potensi besar. Tren mobil low SUV diprediksi bakal mengungguli LMPV pada tahun ini menurut Honda. Karena mereka melihat adanya peralihan minat konsumen dari LMPV ke LSUV.

Tren Mobil Low SUV Diprediksi Mengungguli LMPV

Mobil jenis low MPV atau LMPV menjadi salah satu jenis mobil yang difavoritkan oleh konsumen Tanah Air. Karena selain harganya terjangkau, LMPV juga diandalkan ketika berpergian dengan membawa banyak penumpang atau barang bawaan. Tak heran kalau segmen ini berkembang cukup baik selama beberapa tahun terakhir.

Namun entah mengapa tren LMPV menunjukkan penurunan drastis pada tahun 2020. Honda Prospect Motor (HPM) melihat pangsa pasar mobil jenis ini menurun hingga 16 persen di tahun sebelumnya, dan hasil ini membuatnya kehilangan enam persen pangsanya. Mereka juga merasakannya dengan penurunan penjualan yang begitu drastis pada LMPV unggulannya, Mobilio.

Tren mobil low SUV
(Foto: Youtube)

Penurunan Drastis

Tapi sebaliknya, pangsa segmen LSUV justru mengalami kenaikan dari 11 persen di tahun 2019 menjadi 15 persen setahun setelahnya. Artinya ada perkembangan tren yang tengah tumbuh di segmen tersebut, sehingga menarik perhatian HPM, atau mungkin sejumlah produsen lainnya. Karena tak biasanya segmen LMPV menurun sedangkan LSUV tidak.

Dengan adanya pergerakan pangsa tersebut, HPM memprediksi pada tahun ini tren di segmen LSUV bakal mengungguli tren mobil LMPV. Memang karena jika dilihat, sudah ada produk yang menawarkan 7-seater, seperti si kembar Rush-Terios. Dengan harga yang juga cukup terjangkau, seakan LSUV menjadi rival utama bagi segmen LMPV.

Selain itu, konsumen sekarang kebanyakan mencari mobil bergaya sporty yang bisa juga diandalkan sebagai mobil keluarga. Disinilah fokus HPM pada tahun 2021, dengan memberikan kebutuhan yang tengah dicari oleh konsumen Indonesia. Mereka yakin mampu memberikan hasil lebih baik dari tahun sebelumnya dan optimis dengan prediksi kondisi pasarnya.

Leave a Reply