Bradl: Akan Terjadi Persaingan Sehat di Antara Pembalap Honda

0

RiderTua.com – Semua pembalap Honda memakai motor setara (RC213V 2020), Bradl memperkirakan akan terjadi persaingan sehat di antara pembalap Honda… Karena cuaca tak seperti yang diharapkan, tes rider MotoGP Honda, Stefan Bradl harus tinggal lebih lama di Jerez selama hampir 14 hari. Karena kondisi cuaca yang buruk, tes HRC pun diperpanjang dari Rabu hingga Jumat.

Bradl: Akan Terjadi Persaingan Sehat di Antara Pembalap Honda

Pada Senin (18/1/21) Stefan Bradl terbang ke Spanyol untuk menguji Honda RC213V barunya, dengan tim Kejuaraan Dunia Superbike. Tes ini awalnya direncanakan akan digelar pada hari Rabu dan Kamis (20-21 Januari).

Namun terjadi hujan dan badai di hari pertama, para pembalap SBK pun terpaksa tetap tinggal di pit. Sementara Bradl tetap melibas trek dengan ban hujan setiap hari. “Saya mengendarai motor 30 lap pada hari kedua. Tapi kondisinya buruk, saya jatuh,” ujar Bradl.

Setelah itu, tim penguji HRC dengan kepala kru Klaus Nohles dan insinyur data baru Gerold ‘Hugo’ Bucher tetap tinggal di Andalusia. Karena trek tersebut telah dipesan oleh HRC untuk tes hari Senin dan Selasa (25/26 Januari). Namun dalam 2 hari itu, terkonfirmasi jika cuaca buruk.

“Itulah mengapa, sekarang kami memesan Sirkuit Jerez untuk Rabu hingga Jumat (27-29 Januari),” kata Stefan Bradl dalam sebuah wawancara. Pembalap asal Jerman itu juga telah melakukan tes di Jerez pada bulan Desember lalu, sehingga sejak saat itu mesin baru telah disiapkan di Jepang.

Untuk tanggal 27 hingga 29 Januari, kondisi cuaca di Jerez telah dikonfirmasi cerah. Sinar matahari akan menyelimuti sirkuit, dan suhu maksimum pada tiga hari itu antara 19 hingga 24 derajat.

Marc Marquez Tak Ikut Tes

Tes di Sepang/Malaysia yang rencananya akan digelar pada Februari dibatalkan (tiga hari untuk tim penguji, tiga hari untuk pembalap reguler). Dan diputuskan tidak akan diganti karena krisis kesehatan. Pengujian untuk mendapatkan komponen baru akan dilakukan tes di Losail-Doha (5 Maret).

Pada musim 2021, tim Repsol Honda akan diperkuat Marc Marquez dan Pol Espargaro. Sementara di tim LCR ada Alex Marquez dan Takaaki Nakagami. Keempat pembalap Honda itu semuanya akan memakai mesin 2020. Alasannya, karena pengembangan mesin lebih lanjut dilarang karena krisis kesehatan.

Bradl berasumsi bahwa Marc Marquez akan absen untuk semua tes di musim dingin. Namun dia belum mendapat informasi pasti dari HRC, mengenai jadwal comeback juara dunia 8 kali itu. Menurut rumor yang beredar di Spanyol, bahwa bintang Honda itu akan kembali ke lintasan dari dua atau tiga balapan pertama.

“Persaingan antar rekan setim Honda, antara Marc dan Pol dan antara Alex dan Taka, akan sangat bagus. Mungkin mereka bisa saling memotivasi dengan baik, itu akan menciptakan persaingan yang sehat,” kata Stefan Bradl penuh keyakinan.

“Kita bisa melihat hal ini dengan Morbidelli dan Quartararo, bahwa persaingan seperti itu tidak selalu berbahaya. Tidak ada ruginya di LCR jika pembalap seperti Crutchlow tidak terus melakukan ‘BlaBla’. Melainkan jika ada kerja sama di pit, dan kemudian pertarungan dilakukan di luar trek. Itu lebih masuk akal.”

Leave a Reply