Tak Seperti Kawasaki, KTM Memperpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026

Tak Seperti Kawasaki, KTM Memperpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026
Tak Seperti Kawasaki, KTM Memperpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026

RiderTua.com – Tak seperti Kawasaki yang ogah balik, KTM semakin memperpanjang kontrak MotoGP hingga 2026. Musim 2020 adalah tahun yang menggembirakan bagi KTM. Mereka sukses meraih 3 kemenangan di kelas premier. Dan pabrikan asal Austria itu mengkonfirmasi, jika mereka telah memperpanjang kontrak dengan Dorna selaku penyelenggara MotoGP. Untuk diketahui, KTM telah menjadi bagian dari MotoGP sejak 2017. KTM yakin keikut sertaanya di MotoGP membawa dampak bagus untuk pabrikannya (mengangkat nama merek di tingkat global).. Beda dengan Kawasaki yang beralasan.. “MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki, ini adalah keputusan finansial kami. Biaya MotoGP setidaknya sepuluh kali lebih mahal dari SBK,” kata Ichiro Yoda (Kawasaki).

Resmi: KTM Memperpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026

Pada Juli 2019 lalu, CEO KTM Stefan Pierer mengatakan bahwa, mereka berencana untuk memperpanjang kontrak dengan Dorna untuk 5 tahun lagi. Dan kini KTM telah mengeluarkan pemberitahuan resmi bahwa, mereka telah memperpanjang kontrak dengan promotor MotoGP Dorna Sports SL untuk 5 tahun, yaitu sampai dengan tahun 2026.

Stefan Pierer
Stefan Pierer

“Saya sangat senang, kami dapat mengumumkan kontrak baru untuk 5 tahun dengan Dorna. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Dorna, terutama Carmelo Ezpeleta dan seluruh timnya. Karena kita bersama-sama telah melakoni 4 tahun yang luar biasa, dan mereka adalah mitra penting yang sangat profesional dalam olahraga ini,” tegas Direktur KTM Motorsport Pit Beirer.

“Setelah melewati hanya beberapa musim, proyek kami sudah sangat solid, jadi ini adalah langkah positif untuk memperluas komitmen MotoGP kami hingga 2026.”

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta setuju dengan pernyataan Bierer itu, dia berkata… “Kami sangat puas dengan perpanjangan kontrak dengan KTM karena mereka bukan hanya mitra yang hebat. Tetapi juga telah memilih platform Kejuaraan Dunia MotoGP sebagai alat pemasaran yang mereka anggap ideal untuk produk mereka.”

“Ini bagus, tidak hanya untuk Kejuaraan Dunia, tapi juga untuk olahraga kita. Terima kasih atas komitmen KTM. Perpanjangan kontrak ini merupakan tambahan setelah musim monumental dengan 3 kemenangan balapan di kelas MotoGP, yang membuktikan prestasi mereka di kelas balap motor paling menuntut. “

Pengaruh Kesuksesan di MotoGP Terhadap Perusahaan

“Hanya dalam 4 tahun kami memantapkan diri dan memasukkan hasil ‘panen’ ke dalam ‘keranjang’. Kami bangga, tidak hanya di MotoGP, tetapi kami juga membuat diri kami merasa pantas di level ini.”

“Pada saat yang sama, kami juga melihat pengaruh kesuksesan di MotoGP terhadap perusahaan, dan pentingnya mengangkat nama merek di tingkat global. Dengan struktur kami saat ini, kami sangat senang untuk tetap menjadi bagian dari paddock MotoGP, dan beberapa proyek yang menjanjikan.”

Sejak 2019, KTM telah memasok tim kedua dengan Tech3. Tak hanya itu, mereka juga membuat rencana jangka panjang dengan tim balap milik ‘Pierer’. Dimana mereka telah membahas kontrak baru dengan pemilik tim Tech3 Herve Poncharal hingga akhir 2026. Dalam 2021, pemenang MotoGP dua kali Danilo Petrucci akan memperkuat tim mereka bersama Iker Lecuona.

Hasil Tes WSBK Barcelona Jonathan Rea

Kawasaki Bagaimana?

Oh ya bicara tentang kawasaki, Jonathan Rea pernah dikejutkan oleh pembicaraan ‘aneh’.. Tentang minat Kawasaki dengan menurunkannya di balapan MotoGP dengan status wild card. Kenapa aneh karena akan memakai motor superbike ZX-10R-nya. Meskipun aturan menyatakan ‘motor yang berpartisipasi di kelas MotoGP harus berupa prototipe’. Ejekan atau gimana nih..? Sebagai tambahan informasi: untuk turun ke MotoGP butuh 60 atau 70 juta euro per tahun, Honda mengeluarkan 100 juta (Rp 1,7 T).

Be the first to comment

Leave a Reply