Brio Berhasil Rebut Gelar Mobil Terlaris Dari Avanza!

Penjualan di segmen LCGC

RiderTua.com – Akhirnya Honda Brio berhasil rebut gelar mobil terlaris tahun 2020 dari Toyota Avanza. Padahal mobil LMPV ini sudah lama menjadi rajanya penjualan mobil di Indonesia selama bertahun-tahun. Brio berhasil rebut gelar mobil terlaris tahun ini dari LMPV unggulan Toyota tersebut setelah sekian lama. Meskipun Brio sendiri tak hanya dibuntuti oleh Avanza, tapi juga mobil niaga Suzuki Carry.

Brio Berhasil Rebut Gelar Mobil Terlaris Setelah Sekian Lama

Sepanjang tahun ini, mobil murah Honda tersebut membukukan angka penjualan sebanyak 36.512 unit. Hasil ini memang tak semaksimal dulu yang bisa tembus hingga 50 ribu unit, tapi setidaknya itu sudah membuat Honda puas. Pasalnya dengan ini Brio sanggup ungguli Avanza yang sudah mempertahankan gelarnya sejak lama.

Mobil LMPV tersebut mampu menjual 31.883 unit, lebih sedikit ketimbang Brio, termasuk Suzuki Carry yang mencatatkan hasil sebanyak 33.407 unit. Sebenarnya kalau dilihat dari tren penjualannya, Avanza mengalami kenaikan dan Brio menurun. Tapi nyatanya itu masih belum cukup untuk meningkatkan penjualannya hingga akhir tahun.

Brio rebut gelar mobil terlaris

Avanza Kehilangan Taji?

Memang Avanza tetap menjadi LMPV terlaris di Tanah Air, tapi kalau dihitung secara keseluruhan masih kalah dari Brio. Hasil yang didapatnya pada tahun ini juga menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang bisa mencapai 80 ribu unit. Saat itu Avanza mengungguli Brio serta rival utamanya, Mitsubishi Xpander.

Memang kondisi pasar selama tahun 2020 tak mendukung penjualan Avanza dan mobil lainnya di Indonesia. Kalau dilihat, selisih penjualan masing-masing model pada tahun ini dengan tahun 2019 cukup jauh. Tapi setidaknya hampir semua produk roda empat tetap mampu berjualan lewat online, walau hasilnya tak maksimal.

Nampaknya Avanza harus rela kehilangan gelar mobil terlaris pada tahun ini dari mobil Honda tersebut. Tapi apa boleh buat? Keadaan pasar seakan tak berpihak pada LMPV ini, dan segmen mobil murah dan niaga mengalami perkembangan pesat ketimbang MPV. Mungkin kalau tidak tahun ini, tahun 2021 mendatang akan menjadi momen yang tepat bagi Avanza untuk ‘membalas dendam’ pada Brio.

Be the first to comment

Leave a Reply