Categories: MotoGP

Gresini Kembali ke Honda?

RiderTua.com – Apakah Gresini Racing akan kembali ke Honda?.. Tim balap asal Italia itu akan menempuh jalan sendiri mulai 2022… Fausto Gresini merasa tersisih dalam kerja sama dengan Aprilia. Apakah timnya akan beralih kembali ke Honda mulai MotoGP musim 2022 atau bergabung dengan merek lain? Spekulasi ini masih tetap terbuka.

Gresini Kembali ke Honda?

Tim MotoGP Fausto Gresini akhirnya memutuskan akan menempuh jalannya sendiri mulai musim 2022. Mereka tidak akan lagi bekerja dengan Aprilia. Kontrak selama 5 tahun dari 2022 hingga 2026, ditandatangani dengan promotor MotoGP Dorna.

Kerja sama dengan Aprilia sudah terjalin sejak musim 2015 silam. Meskipun begitu, secara de facto mereka adalah tim resmi, yang secara resmi dijalankan sebagai tim satelit. Selama lebih dari setahun, Direktur Aprilia Motorsport Massimo Rivola telah mengindikasikan bahwa dia ingin memiliki posisi sendiri di masa depan.

“Itu bukan keputusan saya. Untuk beberapa waktu, sekarang mereka ingin membuat tim pabrikan resmi. Saya memutuskan untuk membuat keputusan saya, dan mengatakan bahwa kami akan mematuhinya,” kata Fausto Gresini

Mantan pembalap itu juga ingin hal ini dilihat sebagai sinyal untuk masa depan, karena harus menata ulang timnya secara menyeluruh. Ini berlaku tidak hanya untuk pembiayaan melalui sponsor dan mitra teknis, tetapi juga untuk infrastruktur personel.

Fausto Gresini – Gresini Kembali ke Honda?

Masa Lalu yang Indah Bersama Honda

Sebagai pembalap, Gresini berhasil 2 kali menjadi juara dunia 125cc (1985 dan 1987). Setelah mengakhiri karir aktifnya pada akhir tahun 1994, dia membentuk tim balapnya sendiri. Motor Honda digunakan di kelas premier hingga 2015.

Pembalap seperti Alex Barros, Loris Capirossi, Daijiro Kato, Sete Gibernau, Colin Edwards, Marco Melandri, Toni Elias dan Marco Simoncelli adalah pembalap yang memperkuat Tim Gresini. Gibernau dan Melandri malah berhasil menjadi runner-up.

“Kami mulai dengan Honda dan menjadi runner-up tiga kali. Di Moto3 kami memenangkan Kejuaraan Dunia bersama Honda. Honda adalah kenangan yang sangat indah bagiku, tapi itu tidak berarti apa-apa,” kata Gresini tentang hubungan yang kuat dengan Honda.

“Ini masa lalu Gresini. Honda juga bisa menjadi masa depan, saya tidak tahu. Kami berbicara dengan banyak orang,” imbuhnya. Pasalnya, masih belum jelas motor mana yang akan digunakan tim balap ini mulai tahun 2022 mendatang.

Atau….?

“Saya senang dan termotivasi. Fabio di Giannantonio akan mengendarai salah satu motor kami. Motor yang mana? Itu masih menjadi pertanyaan besar,” kata Gresini.

Pria 59 tahun itu menilai waktunya bersama Aprilia secara positif. Karena di satu sisi, timnya telah belajar banyak. Strukturnya berbeda dengan tim satelit klasik. “Di balik layar, semuanya sangat rumit. Tapi ada satu hal yang membuat saya sedikit kecewa.”

“Dengan Aprilia saya tidak bisa memberi lebih banyak atau mungkin menciptakan sesuatu yang lebih baik,” kata Gresini, karena tidak ada keberhasilan dalam beberapa tahun terakhir.

“Saya juga selalu sedikit tersisih. Saya ingin lebih terlibat. Itu adalah keputusan bisnis yang saya hormati.”

Musim ke-7 bersama Aprilia masih menanti. Di tahun kedua dengan RS-GP yang baru dikembangkan, hasil yang jauh lebih baik adalah tujuan yang harus diwujudkan. Pada musim lalu, Aleix Espargaro berhasil masuk 10 besar sebanyak tiga kali.

This post was last modified on 26 Desember 2020 06:29

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

MotoGP Dibeli Liberty Media? Dominasi Rider Italia Dan Spanyol Berakhir?

RiderTua.com - Setelah membeli Formula 1, American of Liberty Media pun berusaha mengamankan MotoGP dengan tawaran sebesar 4 miliar euro…

29 Maret 2024

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024