Categories: MotoGP

Dorna Masih Menunggu Keputusan Malaysia Terkait Tes Sepang

RiderTua.com – Dorna masih menunggu keputusan Malaysia terkait tes Sepang, ada kemungkinan dipindah ke Portugal.. Sejauh ini, pihak berwenang di Malaysia belum dapat memastikan, bahwa pembatasan perjalanan dan masa karantina akan dicabut pada Februari 2021. Itu yang menyebabkan tes Sepang masih menjadi tanda tanya. Tim Petronas sebenarnya ngebet ingin lakukan tes di Sepang menyusul presentasi tim Petronas SRT Yamaha yang baru terbentuk, bersama Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (ajang promo)..

Dorna Masih menunggu Keputusan Malaysia Terkait Tes Sepang

Karena musim MotoGP 2020 molor dari jadwal biasa, tes resmi yang biasanya digelar pada November tidak diselenggarakan. Setelah musim 2019, tes dilakukan di Valencia dan Jerez masing-masing selama dua hari pada bulan November. Pabrikan, tim dan pembalap kini sedang mempersiapkan tes IRTA MotoGP di Sepang / Malaysia yang digelar pada 16-18 Februari 2021 mendatang.

Tetapi masalahnya, apakah tes ini dapat digelar? Mengingat krisis kesehatan di Asia. Untuk saat ini, setiap orang yang memasuki Kuala Lumpur, harus segera menuju ke hotel bandara untuk di karantina selama 14 hari.

Para operator trek di Sepang sebenarnya juga sangat ingin menggelar tes tersebut. Hal ini juga karena presentasi tim Petronas SRT Yamaha yang baru terbentuk, bersama Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Tetapi karena tingkat resiko saat ini, pihak berwenang dan pemerintah (Sirkuit Sepang adalah milik negara seperti perusahaan minyak Petronas) di Malaysia, belum dapat membuat keputusan yang disampaikan kepada Dorna dan IRTA. Apakah pembatasan perjalanan dan masa karantina akan dicabut pada Februari mendatang?

Dorna sebagai pemilik hak komersial MotoGP dan asosiasi tim IRTA, menginginkan keputusan Malaysia dipastikan pada minggu pertama bulan Desember. Atau paling lambat pertengahan Januari. Diharapkan, sudah ada keputusan setelah pergantian tahun, apakah tes Sepang akan diselenggarakan atau tidak.

Jika Sepang Batal Pindah ke Portimao?

“Saat ini saya memperkirakan, peluang kami akan balapan di Sepang adalah 50 persen”, kata Mike Leitner, bos tim MotoGP KTM.

“Semua pabrikan ingin kembali membalap di Sepang karena panas. Juga karena treknya sangat berat dan mencakup banyak aspek, trek lurus yang panjang, tikungan lambat dan cepat, zona pengereman keras, dan perubahan arah yang cepat. Selain itu, semua tim memiliki banyak data dari trek ini,” ujar pemilik tim KTM Tech3, Herve Poncharal.

Pabrikan Jepang Honda, Yamaha dan Suzuki juga lebih memilih Sepang sebagai lokasi uji coba. Karena mereka bisa menerbangkan motor baru dari Jepang, dalam waktu singkat tanpa susah payah (lebih dekat).

Jerez direncanakan sebagai lokasi alternatif pertama. Tapi tidak pernah ada tes di sana pada bulan Februari, selama sekitar 15 tahun. Tes bulan Februari terakhir dalam kondisi dingin dan hujan. Tim Moto3 dan Moto2 dapat menginformasikan satu atau dua hal tentang sirkuit itu.

Sejak itu, tes MotoGP di bulan Februari sebagian besar dilakukan di iklim yang lebih hangat seperti Sepang, Phillip Island, Buriram atau Qatar. Selain itu, Sirkuit Jerez secara teknis hampir tidak menuntut seperti Sepang.

Apakah lebih baik pindah dari Andalusia ke Portimao, jika tes Sepang batal digelar? Dimana opsi ini juga sudah dipertimbangkan oleh tim.

This post was last modified on 10 Desember 2020 07:41

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Semua Rider Mengincar Tempat Enea Bastianini di Ducati

RiderTua.com - Mengenai performa kuat Enea Bastianini musim ini, usai GP Amerika Michael Laverty mengatakan, "Senang melihat performa Enea. Dia…

23 April 2024

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024