Categories: MotoGP

Beberapa Skenario Dorna untuk Balapan Musim 2021

RiderTua.com – Beberapa skenario Dorna untuk balapan musim 2021… Asia sudah dilanda gelombang ketiga kasus krisis kesehatan. Situasi ini juga semakin memuncak di Amerika. Mungkin, Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 akan kembali hanya digelar di Qatar dan Eropa lagi (biaya perjalanan dan transportasi akan sangat tinggi untuk terbang keluar Eropa, sementara tanpa penonton). Apakah akan ada balapan ganda lagi? Dan apakah dua sirkuit cadangan (Igora Drive Circuit dekat St. Petersburg di Rusia dan Portimao) masih akan digunakan juga belum diketahui, dan sirkuit di Indonesia?.

Beberapa Skenario Dorna untuk Balapan Musim 2021

Dorna Sports SL hanya menggelar 14 balapan MotoGP musim 2020, di tengah krisis kesehatan yang berkecamuk di dunia. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jorge Martin (tim Red Bull KTM-Ajo), penantang gelar Moto2 itu harus kehilangan 2 balapan karena terinfeksi. Dan dia pun harus mempertaruhkan peluangnya merebut gelar musim ini. Setelah itu, Valentino Rossi (MotoGP) dan Riccardo Rossi (Moto3) harus absen dalam 2 balapan juga karena penyakit. Serta Iker Lecuona.

Tahun 2020 merupakan balapan ‘hantu’ pertama dalam sejarah MotoGP. Hanya di GP Misano terdapat 10.000 pengunjung yang diizinkan menonton langsung di tribun. Sementara di Le Mans ada 5.000 fans yang menyaksikan race pada hari Minggu.

Pada Agustus di Portimao, promotor masih memperbolehkan 50.000 pengunjung untuk menonton. Dan pada Oktober, 450.000 penggemar diizinkan masuk ke trek untuk nonton ajang Formula 1. Tapi gara-gara wabah gelombang kedua, event balap MotoGP dari 20-22 November harus dilewati sebagai balapan hantu lagi alias tanpa penonton.

Tapi terkadang situasinya agak membingungkan. Misalnya, pada kejuaraan motocross internasional di Loket pada 9 Agustus lalu, sebanyak 5.000 penonton dari berbagai sektor diberikan akses masuk ke trek. Tetapi Dorna tidak diberitahu tentang pelonggaran oleh otoritas Ceko. Jadi GP Brno berlangsung pada hari yang sama tanpa penonton.

Beberapa Skenario Dorna untuk Balapan Musim 2021

Kalender 2021

Karena biaya perjalanan dan transportasi akan menjadi terlalu tinggi untuk sebuah balapan, GP Texas dan Argentina mungkin akan dibatalkan. Sementara Thailand sejauh ini, tidak mengizinkan turis masuk ke negara itu. Dan ada juga peringatan perjalanan dan pembatasan perjalanan untuk Malaysia dan Jepang.

Hanya GP Qatar yang mungkin dapat berlangsung tepat waktu, karena jumlah infeksi di Timur Tengah dapat ditangani. Dan Qatar ingin menampilkan dirinya sebagai negara tuan rumah yang aman di kejuaraan Dunia 2021.

Berkoordinasi dengan Otoritas Setempat

Dorna tidak dapat dan tidak akan membatalkan balapan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Karena hal ini terserah pada promotor setempat, untuk mengklarifikasi, apakah pemerintah daerah menyetujui untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia balap motor?

Faktanya adalah, balapan di luar Eropa hanya akan digelar pada tahun 2021, jika penyelenggara memberikan bayaran jutaan euro yang telah disepakati kepada Dorna. Dan mereka hanya bisa melakukan itu jika penggemar diizinkan menonton di tribun.

Di Eropa, Dorna membebaskan biaya untuk sebagian besar penyelenggara pada tahun 2020. Serta menegosiasikan biaya dengan pemerintah negara bagian atau otoritas pariwisata lokal (Jerez, Andalusia, Styria, San Marino, Emilia Romagna, Aragon, Teruel, Valencia, Portimao) yang mencakup setidaknya sebagian dari biaya hosting yang ditanggung.

“Kami harus mengklarifikasi dengan otoritas kesehatan di negara penyelenggara, apakah balapan dapat berlangsung pada 2021 tanpa ‘gelembung’ yang biasa terjadi tahun ini. Dengan tes kesehatan yang dilakukan terus menerus, dengan atau tanpa penonton,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Beberapa Skenario Dorna untuk Balapan Musim 2021

Plan A-B-C

Tim-tim tersebut bahkan kesulitan untuk membawa anggota tim dan pembalap mereka ke Spanyol tepat waktu untuk awal musim. Tim krisis Dorna kemudian menyetujui tiga plan A, B dan C dalam koordinasi dengan pemegang saham Dorna. Plan A adalah: 13 balapan di 8 trek di Eropa. Portimao ditambahkan kemudian sebagai seri balapan ke-14. Plan B: 10 seri balapan di 3 trek. Plan C: 6 seri balapan di 1 trek.

Tapi diperkirakan (mungkin) Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 hanya bisa digelar di Qatar dan Eropa lagi. Apakah akan ada balapan ganda lagi? Dan apakah dua sirkuit cadangan (Igora Drive Circuit dekat St. Petersburg di Rusia dan Portimao) masih akan digunakan juga belum diketahui. Dan sirkuit di Indonesia, penyelesaiannya masih dipertanyakan…

This post was last modified on 19 Februari 2021 07:48

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024