Toyota Siapkan Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia!

Toyota datangkan Lexus UX 300e

RiderTua.com – Tak lama lagi Toyota bakal siapkan mobil listrik pertamanya di Indonesia. Meskipun berupa model dari divisi mewahnya, tapi setidaknya ini akan menjadi langkah awal bagi mereka untuk memasuki era elektrifikasi. Toyota siapkan mobil listrik Lexus UX 300e pada tanggal 25 November mendatang. Ini akan menjadi peluncuran model EV pertamanya di Indonesia maupun ASEAN.

Toyota Siapkan Mobil Listrik Lexus UX 300e

Mungkin banyak yang heran kenapa Toyota tak membawa modelnya sendiri ke Tanah Air. Sepertinya mereka sengaja mendatangkan model EV lebih mewah karena ingin menyaingi Hyundai yang sudah meluncurkan Kona EV dan Ioniq. Kedua mobil listrik ini dijual lebih dulu di Indonesia, walaupun tanpa insentif.

Toyota nampaknya tak terlalu mengkhawatirkan soal insentif kendaraan listrik yang belum juga disahkan. UX 300e juga tergolong masih baru di pasar otomotif, dan pertama kali dikenalkan di negara tetangga Jepang pada April lalu. Bahkan ketika saat itu kondisi pasarnya belum membaik, banyak konsumen yang berbondong-bondong membelinya.

Toyota siapkan mobil listrik

Lebih Canggih

Sesuai namanya UX 300e ini merupakan varian dari Lexus UX, yang juga relatif baru dijual di pasar sejak awal tahun 2019 lalu. Mobil SUV ini juga hadir dalam varian ramah lingkungan lainnya, yaitu 250h dan 260h yang berjenis hybrid. Tapi Toyota lebih memilih model 300e EV untuk diluncurkan di Asia Tenggara.

Modelnya sekilas masih terlihat sama saja dengan UX varian lainnya, namun tetap mempertahankan desain ala Lexus yang memiliki sudut-sudut tajam. Menggunakan basis dari C-HR EV, Lexus UX EV mengandalkan baterai 54,3 kWh yang bisa menempuh jarak sejauh 400 km. Lexus-Toyota mungkin akan menawarkan pilihan pengisian daya cepat dengan kapasitas pengisian sebesar 50 kW.

Yang mengejutkannya lagi, ternyata Indonesia yang lebih dulu kebagian UX 300e dari Jepang, sementara peluncurannya disana baru dilakukan awal tahun depan. Toyota sepertinya sangat bersemangat untuk menghadirkan mobil listrik terbarunya di Tanah Air. Seolah mereka tak mau kalah dari kompetitornya yang sudah menjual model EV lebih dulu.

Be the first to comment

Leave a Reply