Toyota Datangkan Lexus UX 300e di Indonesia Tahun Depan

Toyota-Lexus Luncurkan UX 300e

RiderTua.comToyota ternyata siap datangkan Lexus UX 300e di Indonesia mulai tahun depan. Entah apakah merek asal Jepang ini mulai tertantang untuk menghadapi Hyundai yang sudah menjual Kona EV dan Ioniq di Tanah Air. Toyota datangkan Lexus UX 300e sebagai mobil EV premium pertamanya. Walaupun diperkirakan harganya bakal jauh lebih mahal karena belum adanya insentif.

Toyota Datangkan Lexus UX 300e Sebagai EV Premium

Mobil listrik, terkadang disebut sebagai BEV (battery electric vehicle), memang belum cukup tersebar luas di Tanah Air. Dari insentif yang belum disahkan sampai fasilitas pendukungnya belum memadai menjadi salah satu penyebab lambatnya elektrifikasi. Tentu ini tak hanya berdampak pada model BEV, tetapi juga hybrid dan PHEV (plug-in hybrid).

Namun belakangan ini pemerintah mulai mendukung elektrifikasi mobil, dengan dimulainya Hyundai membangun pabriknya di Indonesia. Pabrik tersebut rencananya akan menjadi tempat produksi Kona EV dan Ioniq, atau model ramah lingkungan lainnya. Seolah tak mau ketinggalan, Toyota Astra Motor (TAM) sudah menyiapkan model BEV untuk dirilis di Indonesia pada tahun 2021.

Toyota datangkan Lexus UX 300e

Kenapa Lexus?

Anehnya bukan mobilnya sendiri yang dibawa ke Tanah Air, melainkan dari divisi mewahnya, Lexus. Model UX 300e dipilih karena tren mobil crossover dan SUV yang berkembang cukup pesat di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Terlebih Toyota ingin menyasar segmen premium yang belum banyak dijajal oleh merek lainnya disini.

Selain itu, tentu saja ada persyaratan bagi konsumen yang mau membeli Lexus UX 300e, seperti daya listrik rumah yang mencapai 2.200 watt. Padahal rata-rata daya listrik rumah di Indonesia maksimalnya hanya sekitar 1.300 watt. Tapi standar seperti ini dibutuhkan jika ingin pengecasan daya yang lebih optimal dan tak menganggu penggunanya.

Mungkin akan ada mobil listrik lainnya yang bisa didatangkan Toyota ke Indonesia suatu saat nanti. Bahkan bisa saja berupa model ramah lingkungan lainnya seperti hibrida murni, PHEV, atau hidrogen fuel cell seperti Mirai. Model ini yang disebut bakal dihadirkan di Indonesia kalau sudah ada fasilitas pendukungnya.

Be the first to comment

Leave a Reply