Toyota Crown Versi SUV, Alternatif Naikkan Penjualan?

Sedan mewah Toyota Crown

RiderTua.com – Ide Toyota Crown versi SUV sepertinya menjadi sesuatu yang aneh. Bagaimana tidak, karena Crown sudah lama dikenal sebagai mobil sedan mewah yang cukup legendaris selama beberapa tahun. Namun Toyota Crown versi SUV harus terwujud karena melihat hasil penjualannya yang begitu memprihatinkan. Terlebih dengan dampak penurunan pasar selama beberapa bulan terakhir.

Toyota Crown Versi SUV ‘Harus’ Terwujud Karena Penjualannya

Mungkin banyak orang yang takkan percaya kalau usia Crown takkan panjang lagi, tapi kenyataannya begitu. Toyota berencana untuk menghentikan produksi Crown, tentu saja karena pasar roda empat sudah tak tertarik dengan mobil sedan lagi. Padahal model ini baru saja mendapatkan penyegaran beberapa hari lalu.

Meskipun perjalanannya harus terhenti, tapi Toyota ingin mempertahankan nama Crown. Caranya mudah, yaitu dengan membuat model SUV terbaru tapi dengan membawa nameplate Crown. Mungkin kedengarannya seperti Yaris atau Corolla Cross, dimana keduanya bukan turunan langsung dari model aslinya tapi membawa nama tersebut.

Toyota Crown versi SUV
(Foto: Motor1.com)

‘Saudaranya’ Highlander?

Crown versi SUV disebut akan dibuat dari platform Highlander, yang tak lain menggunakan platform TNGA-K. Artinya platform TNGA-N hanya akan dipakai oleh mobil hidrogen Mirai saja, dan Toyota belum punya rencana untuk memperluas penggunaannya. Dan model ini tentu saja akan dijual di Amerika Serikat serta Benua Asia, karena peminatnya cukup banyak.

Karena Crown sudah terkenal sebagai mobil kelas atas, bisa jadi model SUV-nya akan hampir setara dengan SUV Lexus. Tapi belum jelas apakah Toyota mau menyetarakannya dengan model Lexus lainnya. Walau ironisnya divisi mewah ini berencana ingin membuat mobil berbasis Yaris Cross.

Hal seperti ini tak menjadi sesuatu yang mengejutkan di dunia otomotif sekarang, karena masih banyak produsen lainnya yang mempunyai rencana serupa. Honda salah satunya, dimana mereka ingin membuat NSX versi SUV karena alasan yang sama, yaitu penjualannya menurun. Entah kapan kedua model tersebut akan hadir, mungkin di tahun 2021 atau tahun-tahun mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply