Sanksi Yamaha? Alex Rins: Kami Harus Menghormati Keputusan Itu

Sanksi Yamaha? Alex Rins: Kami Harus Menghormati Keputusan Itu
Sanksi Yamaha? Alex Rins: Kami Harus Menghormati Keputusan Itu

RiderTua.com – Alex Rins: Kami harus menghormati keputusan itu… Setelah melakoni latihan bebas hari pertama yang sulit di GP Eropa di Valencia, pembalap Suzuki itu puas dengan kemajuannya. Dia juga mengomentari sanksi Yamaha yang mempengaruhi hasil musim MotoGP musim ini.

Sanksi Yamaha? Alex Rins: Kami Harus Menghormati Keputusan Itu

Meskipun Alex Rins menjalani dua balapan yang sukses di MotoGP Aragon, di mana dia berhasil memastikan kemenangan dan finis di tempat kedua untuk Suzuki. Latihan bebas MotoGP hari Jumat di GP Eropa di Valencia ternyata jauh lebih rumit.

Cuaca yang ditentukan hanya hujan, di wilayah Valencia selama berhari-hari. Hal ini juga mempengaruhi dua sesi latihan pertama di lintasan sepanjang 4.005 km. Di sore hari trek mengering, sehingga Rins melaju dengan mulus dengan waktu terbaik 1: 33,157 menit. Dan dengan demikian dia meraih posisi ke-6, 0,6 detik di belakang pimpinan Jack Miller (Ducati).

Pada Jumat malam Rins mengatakan, “Saya merasa nyaman dengan motornya, tetapi kondisinya sulit. Di pagi hari benar-benar basah dan cengkeraman sangat sedikit. Sehingga timbul masalah, terutama saat pengereman.”

“Sangat berbahaya di FP2 karena lintasan belum banyak titik kering. Pada akhirnya kami mencapai 10 besar, itulah tujuan kami. Jika hari Sabtu lintasan kering, saya berharap kami dapat meningkatkan set-up. Karena dalam kondisi sulit tidak mudah untuk memacu motor.”

Pembalap pabrikan Suzuki itu memulai FP2 sebagai salah satu dari dua starter dengan ban belakang yang keras. Dimana dalam kondisi yang relatif dingin dan lembab, memerlukan peningkatan risiko jatuh dan hampir tidak meningkatkan catatan waktu.

Tapi pemain berusia 24 tahun itu memiliki penjelasan sederhana untuk itu. “Kami menggunakan ban belakang keras pada awal sesi kedua, sehingga kami bisa menghemat ban lunak untuk nanti.”

“Kami percaya bahwa konstruksi ban medium akan sedikit lebih buruk. Jadi kita sendiri yang memutuskan untuk menggunakan ban keras. Tapi ketika saya melihat pembalap lain menggunakan ban medium, kami juga memakai ban ini dan tidak apa-apa.”

Sanksi Yamaha? Alex Rins: Kami Harus Menghormati Keputusan Itu

Situasi yang Rumit

Yamaha dihukum berat karena menggunakan valve ilegal di GP Jerez. 50 poin hilang dalam kejuaraan konstruktor, 36 poin dikurangi dari tim Petronas dan 20 poin dari tim resmi Yamaha. Bagaimana perasaan Rins, yang masih berpeluang merebut gelar juara dunia dan kini memimpin klasemen tim bersama Suzuki?

Rins menjawab, “Ini situasi yang rumit. Keputusan dalam hal ini telah dibuat dan kami harus menghormati itu. Saya tentu ingin menang dan tidak melalui hal-hal seperti itu. Tapi seringkali ada momen yang membuatnya semakin rumit, bahkan saat ada penalti untuk pelanggaran lain, misalnya saat latihan. Sekarang sudah diputuskan.”..

Be the first to comment

Leave a Reply