Tesla Dulu Hampir Bangkrut, Kini Sukses Besar

Tesla Dulu Hampir Bangkrut, Kini Sukses Besar
Tesla Dulu Hampir Bangkrut, Kini Sukses Besar (Foto: CleanTechnica)

RiderTua.comTesla dulu hampir bangkrut? Kedengarannya ini seperti sesuatu yang agak tak masuk akal. Tentu saja karena merek otomotif tersebut kini sudah sukses besar dengan penjualan mobil listriknya. Kenyataannya Tesla dulu hampir bangkrut sehingga sempat membuat Elon Musk khawatir. Seperti apa ceritanya?

Tesla Dulu Hampir Bangkrut Sempat Membuat Elon Musk Khawatir

Nama Tesla dulunya sempat diremehkan, bahkan diremehkan oleh perusahaan otomotif lainnya. Kini mereka mampu membuktikan kalau perusahaannya mampu bersaing dengan merek lebih besar seperti Toyota. Bahkan perusahaan besutan Elon dkk ini tetap meraih keuntungan penjualan meski ditengah kondisi seperti ini.

Perjalanan kesuksesan Tesla tentu tak semulus yang diduga, dan itu terjadi sekitar tahun 2017 sampai 2019. Elon bercerita bagaimana perusahaan mobil listriknya sempat berada di ambang kebangkrutan ketika memproduksi Model 3. Ia menyebut saat itu keadaannnya dalam ‘production hell’ ketika mereka membutuhkan dana untuk memproduksi Model andalannya tersebut.

Tesla dulu hampir bangkrut

Butuh ‘Dana Cepat’

Mungkin ada yang bertanya kenapa perusahaan sebesar Tesla masih meminta bantuan? Memang karena saat itu mereka masih butuh bantuan dana untuk tetap menjalankan bisnisnya, tapi tak ada satupun yang mau menawarkan bantuan. Tentu ini membuat Elon pusing tujuh keliling, sampai-sampai ia memposting foto dirinya memegang papan bertuliskan ‘Bankwupt’, walau hanya dianggap sebagai candaan.

Tesla sempat menerima bantuan dari perusahaan ‘tanpa nama’, dan mereka mampu mengumpulkan biaya untuk promosi teknologi autopilot. Teknologi tersebut juga sempat mengalami berbagai masalah seperti kasus tabrak lari yang mencelakai pengguna jalan lainnya. Mengembangkan teknologi yang sempurna tentu tak semudah yang dikira.

Tapi pada akhirnya Tesla mampu mengatasi masalah tersebut setelah melakukan peningkatan pada teknologinya. Kemudian mereka memperluas lini produknya menjadi lebih banyak dan beragam. Promosi yang dilakukan juga membuat namanya semakin dikenal dan akhirnya menyelamatkan Tesla dari kebangkrutan.

Kini mereka mulai memiliki beragam produk, tak hanya sebatas mobil penumpang juga. Ada juga model pikap berdesain nyentrik seperti Cybertruck sampai truk bertenaga listrik. Semuanya masih berupa konsep dan dipastikan dijual dalam waktu dekat.

Be the first to comment

Leave a Reply