Ini Hasil Penjualan Renault Kwid di Indonesia

renault-kwid-climber

RiderTua.com – Mungkin banyak yang penasaran seperti apa hasil penjualan Renault Kwid di Indonesia selama ini. Mobil kota nan murah meriah tersebut sempat menjadi andalan Renault sebelum MPV Triber hadir. Ternyata hasil penjualan Renault Kwid menunjukkan penurunan sejak tahun 2018 lalu. Sepertinya persaingan pasar menjadi penyebab kenapa model ini tak begitu tenar.

Hasil Penjualan Renault Kwid Menunjukkan Penurunan

Kwid memang berjenis city car, tapi yang membuatnya lain dari mobil sekelasnya yaitu harga jualnya yang murah meriah. Bayangkan saja, model ini dijual mulai Rp 150 jutaan sampai Rp 158,9 juta. Tentu harga ini bersenggolan dengan harga mobil LCGC, yang rata-rata sudah melebihi itu, ada yang mencapai Rp 170 juta sampai nyaris Rp 200 jutaan.

Memang tak hanya Kwid yang diandalkan Renault di Tanah Air, tetapi juga segelintir model lainnya. Yang terbaru adalah Triber, MPV yang juga dibanderol murah tapi dengan fitur yang memadai. Sama seperti Kwid, Triber digadang-gadang sebagai ‘LCGC killer’ karena harganya dibawah Rp 200 jutaan, tapi hampir mendekati Kwid.

Hasil penjualan Renault Kwid
(Foto: CarAndBike) renault-kwid

Masih Belum Cukup

Kwid tercatat sudah dijual di Indonesia sejak tahun 2017 lalu, dan saat itu city car ini mencatatkan penjualan sebanyak 163 unit saja. Tentu hasil ini masih belum cukup untuk membuatnya mengalahkan model lainnya, baik di kelasnya maupun LCGC. Karena rata-rata LCGC sanggup menjual hingga puluhan ribu unit tiap tahunnya.

Kemudian setahun setelahnya, angka penjualannya anjlok menjadi 49 unit, dan ini mungkin sudah penurunan yang cukup parah. Tapi untungnya di tahun 2019, hasilnya naik sedikit hingga 65 unit, dan di tahun ini turun sedikit menjadi 58 unit. Tapi ini baru angka dari penjualan selama 9 bulan, jadi sewaktu-waktu bisa berubah.

Terlepas dari itu, sepertinya Kwid harus merasakan ketatnya persaingan di dua kelas yang dijejalinya. Terlebih Renault sekarang punya Triber yang dimasukkan ke dalam segmen MPV, seakan membuat Kwid tersisih. Walau sebenarnya Renault ingin terus menjualnya disini, mengingat model ini baru mendapat penyegarannya beberapa bulan lalu.

Be the first to comment

Leave a Reply