Mobil Kia Picanto Morning Tak Lolos Uji Tabrak!

RiderTua.com – Mobil kota Kia Picanto ‘Morning’ sempat menjadi sorotan setelah mendapatkan penyegaran beberapa bulan lalu. Meskipun dengan segala ubahan yang didapatnya, ternyata itu tak membuat hasil rating tes tabraknya menjadi lebih baik. Mobil Kia Picanto Morning diketahui tak mendapat nilai bagus pada crash test Latin NCAP. Padahal model ini mendapat hasil bagus dari Euro NCAP.

Mobil Kia Picanto Morning Tak Mendapat Nilai Bagus

Mungkin ini menjadi sesuatu yang mengejutkan, karena tak biasanya ada city car yang mendapat skor seburuk itu. Walaupun ini bukan pertama kalinya menimpa pada Picanto, tapi sejumlah model lainnya seperti Hyundai Accent dan Mitsubishi Strada Triton. Keduanya sama-sama tak menggunakan airbag khusus untuk pasar Amerika Latin.

Sementara Picanto di kawasan ini hanya menyediakan satu buah airbag saja, dan itu masih belum cukup untuk mencetak rating lebih baik dari Accent. Model yang diuji di Latin NCAP (New Car Assessment Program) adalah tipe termurahnya, jadi tak heran kalau skornya begitu buruk. Karena fitur yang dimilikinya tak sebanyak tipe tertingginya.

Mobil Kia Picanto Morning

Jadi Bahan Evaluasi?

Picanto tipe terendah tak hanya dilengkapi satu airbag saja, tetapi juga seatbelt pre-tensioner dan reminder, serta rem standar non-ABS. Tentu fitur ini jauh dari kata aman, karena tak ada fitur lainnya yang sudah menjadi standar dari model itu sendiri. Tak heran jika nilai untuk perlindungan penumpang orang dewasa begitu buruk.

Memang masih ada varian Picanto lainnya yang dijual disana, tapi yang ini mungkin terlalu buruk. Karena demi menjualnya dengan harga sangat murah, maka sebagian besar fitur keselamatannya ditanggalkan. Tentu ini akan sangat membahayakan bagi pengguna maupun penumpang mobil sendiri jika terjadi tabrakan maupun kecelakaan.

Seharusnya hasil tes Picanto untuk Amerika Latin bisa menjadi bahan evaluasi bagi Kia untuk meningkatkan kualitas produknya lebih baik lagi. Untungnya tipe ini nampaknya hanya dijual disana, sedangkan wilayah lain termasuk Indonesia menyediakan trim dengan fitur lebih mumpuni. Terlebih Picanto mendapat rating lebih baik walau hanya empat bintang saja.

Be the first to comment

Leave a Reply