Honda Gabung Dengan Aliansi Tesla dan FCA di Eropa

Honda-General Motors kerja sama membuat mobil listrik
(Foto: Motoris.ID)

RiderTua.com – Tak diduga ternyata Honda sudah gabung dengan aliansi Tesla dan FCA (Fiat-Chrysler) di Eropa. Tentu saja karena produsen otomotif ini tak biasanya memasuki aliansi yang terisi oleh kompetitornya. Honda gabung dengan aliansi Tesla-FCA di Benua Biru bukan tanpa alasan. Mereka ingin bertahan dari adanya aturan emisi Euro yang semakin ketat diberlakukan disana.

Honda Gabung Dengan Aliansi Tesla-FCA

Jika dibandingkan dengan benua lainnya di seluruh dunia, Eropa yang paling serius dalam menjalankan aturan standar emisi Euro. Bayangkan saja, sebagian wilayah masih berpedoman pada Euro 4 atau kebawah, dan Eropa mau menerapkan standar lebih tinggi lagi sampai diatas ‘level 5’. Bahkan kini ada kabar mengejutkan lainnya seputar emisi, tapi nampaknya tak ada kaitannya dengan standar Euro.

Uni Eropa sudah menetapkan aturan emisi baru bagi kendaraan yang dijual di wilayahnya. Kalau ada mobil yang menghasilkan emisi sebanyak lebih dari 95 g/km, maka dikenakan denda 95 Euro per kenaikan 1 g/km, dikalikan jumlah mobil baru yang terdaftar. Tentu bisa dibayangkan besarnya biaya yang harus dibayar jika produk tersebut jumlahnya mencapai ribuan unit.

Honda gabung dengan aliansi
tesla zero emisi

Turunkan Emisi

Namun Uni Eropa memberikan kesempatan bagi produsen kendaraan untuk membentuk aliansi khusus. Bayangkan saja seperti membentuk kelompok di sekolah untuk melaksanakan tugas khusus dari ‘guru’, tapi dengan sejumlah aturan yang tak bisa dilanggar. Jika dilanggar, maka tentu sudah tahu seperti apa konsekuensinya, yaitu kena denda.

Honda sebenarnya bisa saja memproduksi mobil ramah lingkungan seorang diri, mengingat produk EV yang ditawarkannya cukup beragam. Tapi tetap saja, mereka merasa kalau itu sesuatu yang tak mungkin bisa dilakukan sendiri, sehingga mereka memutuskan untuk bergabung dengan aliansi khusus. FCA-Tesla menjadi pilihan aliansi yang cocok bagi Honda, karena kedua merek tersebut punya dominasi cukup kuat di Eropa.

Memang tak hanya aliansi Honda-Tesla-FCA yang ada di Benua Biru. Masih ada aliansi produsen lainnya seperti VW dan SAIC MG, serta Ford dan Volvo. Sejauh ini baru ada tiga aliansi besar yang sudah membentuk ‘kelompok besar’ dan mereka akan mewujudkan mobil ramah lingkungan yang minim emisi.

Be the first to comment

Leave a Reply