Dari Repsol ke LCR: Bukan Langkah Mundur untuk Alex Marquez

Alex Marquez: Postur Tubuh Saya Menguntungkan
Alex Marquez: Postur Tubuh Saya Menguntungkan

RiderTua.com – Dari Repsol ke LCR: Bukan langkah mundur untuk Alex Marquez… Adik kandung Marc Marquez itu telah kehilangan tempatnya di Repsol Honda. Posisinya digantikan oleh Pol Espargaro, bahkan keputusan tersebut diambil sebelum dimulainya musim bagi rookie di kelas MotoGP itu. Untuk musim 2021, pembalap 24 tahun itu akan menjadi pembalap di tim LCR bersama Takaaki Nakagami.

Dari Repsol ke LCR: Bukan Langkah Mundur untuk Alex Marquez

Alex Marquez tampil luar biasa bersama Honda di MotoGP Le Mans dan Aragon-1. Dia berhasil naik podium setelah finis di tempat kedua berturut-turut. Dan ini, merupakan podium pertama bagi Honda di musim 2020 ini.

Meski demikian pada musim 2021, Alex tidak lagi berada di tim resmi. Melainkan di tim satelit LCR, meski dengan kontrak dan dukungan dari HRC (Honda Racing Corporation). Pol Espargaro akan menggantikannya di Repsol Honda. Honda membuat keputusan ini sebelum balapan musim 2020 dimulai, yang digelar terlambat dari jadwal karena adanya krisis kesehatan dunia.

Dari Repsol ke LCR: Bukan Langkah Mundur untuk Alex Marquez
Dari Repsol ke LCR: Bukan Langkah Mundur untuk Alex Marquez

Kepada media Spanyol, Alex Marquez berkata, “Sekarang akan lebih mudah membuat keputusan. Tapi situasinya sangat aneh, saya setuju dengan keputusan itu. Saya pikir ini juga merupakan kesempatan besar untuk pergi ke tim LCR dan berkembang di sana. Karena masih banyak hal yang harus saya tingkatkan dan pelajari selangkah demi selangkah.”

“Bagi saya itu bukan langkah mundur. Saya lebih selangkah lagi untuk menjadi lebih kuat, pembalap yang lebih lengkap, dan berkembang di kelas MotoGP. Kemudian, bila kita mendapat kesempatan dan hasil yang bagus, cobalah kembali ke tim Repsol Honda. Itulah tujuan besar saya.”

2021 Honda Punya 4 Motor Baru

Sejak MotoGP Aragon, rekan setimnya di LCR di masa depan, Takaaki Nakagami, juga akan mengendarai motor saat ini untuk pertama kalinya pada tahun 2021. Sejauh ini, pembalap Jepang itu harus puas dengan model tahun 2019.

Alex berkomentar, “Saat ini memiliki 4 motor Honda di trek pada 2021 selalu positif. Honda sekarang telah menunjukkan sedikit potensi yang mereka miliki dan apa yang saya inginkan, yaitu memenangkan gelar setiap tahun.”

“Ini juga akan sedikit lebih mudah bagi pembalap jika kita membandingkan data. Karena pembalap lain mengendarai motor yang sama persis. Kami terkadang membandingkan dan kemudian Anda mulai berpikir, mungkin motor lama lebih baik di satu titik, tapi lebih buruk di poin lain. Jika semua pembalap menggunakan motor yang sama, itu positif. Informasi yang masuk ke pabrikan juga akan lebih jelas,” tambah rookie MotoGP tersebut.

Dari Repsol ke LCR: Bukan Langkah Mundur untuk Alex Marquez
Dari Repsol ke LCR: Bukan Langkah Mundur untuk Alex Marquez

Saat Ini Tim Pabrikan dan Tim Satelit Sama Bagusnya

Berbicara tentang gelar juara dunia, apakah pembalap Spanyol berusia 24 tahun itu mempercayai dirinya sendiri untuk memperjuangkan mahkota kejuaraan dunia di tim satelit?

Alex menjawab, “Bagi saya tidak ada tim satelit sekarang. Ya, di atas kertas mereka memang ada, tapi tidak ada di motor. Benar bahwa 6, 7 atau 8 tahun yang lalu Anda tidak memiliki kesempatan untuk bertarung memperebutkan Juara Dunia dengan tim satelit. Sekarang kami melihat Fabio [Quartararo], misalnya…”

“Jika Anda berada di tim satelit, tetapi memiliki motor yang sama persis dengan pembalap pabrikan. Maka Anda juga bisa bertarung untuk Kejuaraan Dunia,” imbuh juara Moto2 2019 itu.

Tapi kemudian dia buru-buru menambahkan, “Saya tidak dalam posisi untuk berpikir tentang memenangkan gelar. Aku masih memiliki banyak hal untuk ditingkatkan, melalui proses, dan membuat kemajuan. Saya tidak dalam posisi itu, tetapi memang benar bahwa Anda bisa bertarung untuk Juara Dunia di tim satelit hari ini dan tentunya juga di LCR.”

“Tapi seperti yang saya katakan. Secara pribadi, saya belum dalam posisi untuk memikirkan kejuaraan Dunia. Pertama yang saya berpikir, tentang bagaimana saya dapat membangun kepercayaan diri yang lebih besar. Dan menjadi sedikit lebih konsisten di 8 teratas dan menjadi lebih baik selangkah demi selangkah. Itulah tujuan utamaku sekarang,” pungkas Alex.

Be the first to comment

Leave a Reply