Sejarah MPV Honda Odyssey, Dulu dan Sekarang

honda odyssey 2018
(Foto:Otomotif Kompas) honda odyssey 2018

RiderTua.com – Mungkin banyak yang belum tahu soal sejarah MPV Honda Odyssey selama ini. Mobil kelas atas andalan merek otomotif asal Jepang tersebut sudah hadir selama 25 tahun, dan itu artinya pencapaian Honda bertambah satu lagi. Sejarah MPV Honda Odyssey bisa dikatakan cukup berliku karena model ini lahir dari krisis ekonomi tahun 90-an. Tapi siapa sangka kalau Odyssey mampu menjadi model yang diandalkan sampai sekarang.

Sejarah MPV Honda Odyssey Cukup Berliku

MPV kelas mewah ini sudah melalui lima generasi sejak tahun 1994, dan masih terus bertahan sampai sekarang. Model ini dibuat oleh Honda ketika mengalami krisis ekonomi yang melanda Jepang pada awal tahun 1990. Saat itu mereka dituntut untuk merancang sebuah mobil yang lebih kecil dengan biaya pengembangan lebih murah, dan lahirlah Odyssey.

Mobil ini cukup terkenal di Jepang pada masanya, meskipun dari desainnya terlihat biasa-biasa saja. Honda mengekspornya ke Eropa, tapi dengan nama Shuttle, dan menuai kesuksesan serupa dengan di kampung halamannya. Dengan inilah mereka menghadirkan generasi keduanya pada akhir tahun 1999 dan dijual di Jepang dan negara tetangga.

Sejarah MPV Honda Odyssey
honda-odyssey-2017 Indonesia

Makin Mewah dan Modern

Kemudian generasi ketiganya diluncurkan pada tahun 2003, dan Odyssey tampil makin simpel namun cukup menarik pada saat itu. Honda mulai berani menjualnya ke pasar lebih besar lagi, tepatnya di Australia dan negara lainnya setahun setelahnya. Odyssey dengan model RB1/2 ini hanya memiliki satu varian mesin, yaitu 2.400 cc.

Odyssey generasi keempat hadir di tahun 2008, dan disinilah Honda sudah bisa menjualnya di Indonesia. Karena merupakan MPV kelas mewah, jadi angka penjualannya tak setinggi mobil Honda lainnya pada saat itu, karena kebanyakan konsumennya adalah ‘private buyer’. Masih mengandalkan mesin 2.400 cc, Honda hanya menyediakan transmisi otomatis 5 percepatan saja di Tanah Air.

Generasi kelima menjadi awal dari sliding door yang mulai diterapkan pada Odyssey, sehingga model ini bisa setara dengan si kembar Alphard-Vellfire. Modelnya kini menjadi makin mewah dan berkelas dengan fitur-fitur pendukungnya. Odyssey disebut akan menerima facelift berikutnya, tapi hingga sekarang Honda belum mau merilis model generasi terbarunya.

Be the first to comment

Leave a Reply