Mobil Tercepat di Dunia Ini Sukses Ungguli Agera RS!

SSC Tuatara Dites Ulang

RiderTua.com – Siapa sangka kalau ada mobil tercepat di dunia lainnya yang sanggup mengungguli Koenigsegg Agera RS. Model ini sebelumnya diakui sebagai mobil tercepat sedunia karena performa dahsyatnya. Mobil tercepat di dunia lainnya yang dimaksud adalah SSC Tuatara. Model ini mampu memecahkan rekor Guiness World of Records dengan kecepatan mencapai lebih dari 500 km/jam!

Mobil Tercepat di Dunia Adalah SSC Tuatara

Mungkin nama SSC (Shelby Super Cars) masih jarang didengar di dunia otomotif, tapi dengan pencapaian barunya ini akan membuat namanya semakin dikenal. Tuatara, begitulah nama yang diberikan untuk supercar terbaru dari pabrikan tersebut. Dari modelnya nampak seperti mobil super kebanyakan, dengan desain yang sporty nan aerodinamis.

Tuatara menjadi sorotan dunia ketika mobil ini sukses memecahkan rekor sebagai mobil tercepat di dunia oleh Guiness World of Records. Dilakukan di daerah Nevada, Amerika Serikat, SSC bersama dengan pembalap Inggris, Oliver Webb, berusaha untuk memecahkan rekor sebelumnya. Yang dimaksud adalah rekor dari Koenigsegg Agera RS, dimana model ini menorehkan rekor kecepatan 457 km/jam.

Mobil tercepat di dunia

Mobil Bertenaga Dahsyat

Pada percobaan pertama, Oliver sanggup melaju hingga 484,5 km/jam, tapi di uji coba kedua ia mampu menembus kecepatan 532,7 km/jam. Tentu ini jauh lebih cepat dari Agera RS, dan juri Guiness memutuskan Tuatara menjadi pemegang rekor baru mobil tercepat sedunia. Sesuatu yang sangat dibanggakan oleh Shelby Supercars.

Tuatara memang bukan mobil super biasa, karena SSC membekalinya mesin 5.900 cc V8 flat-plane dengan twin turbo. Dipadu transmisi otomatis dan penggerak roda belakang, Tuatara sanggup menghasilkan tenaga sebesar 1.750 hp dan torsi 1.735 Nm. Sepertinya mesin yang dipakai bukanlah mesin sembarangan, dan Tuatara lebih pantas digolongkan sebagai hypercar ketimbang supercar.

Ternyata ini bukan pertama kalinya SSC berhasil memecahkan rekor mobil tercepat di dunia. Sepuluh tahun sebelumnya mereka mampu meraih pencapaian luar biasa dari Ultimate Aero, mobil pertamanya. Seolah dengan kemenangan Tuatara atas Agera RS sebagai ‘balas dendam yang manis’ dari SSC.

Be the first to comment

Leave a Reply