Penjualan Mobil Makin Terseret, Honda Optimis

Honda-IIMS-2018
(Foto: Carvaganza.com) Honda-IIMS-2018

RiderTua.com – Dari bulan ke bulan, penjualan mobil nampak makin terseret jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tentu saja itu terjadi sebagai dampak dari penurunan pasar otomotif yang terjadi selama beberapa bulan terakhir. Penjualan mobil yang makin terseret ini nampaknya tak membuat Honda Prospect Motor (HPM) menyerah begitu saja. Mereka yakin kalau kondisi pasar bisa pulih walau butuh waktu lama untuk mencapainya.

Penjualan Mobil Makin Terseret Tak Membuat Honda Menyerah

Krisis ekonomi yang terjadi belakangan ini membuat Honda dan sejumlah besar produsen mobil lainnya kesulitan. Bagaimana tidak, pabrik produksi yang sempat ditutup sementara saja sudah membuat angka penjualan nge-drop pada April dan Mei lalu. Diskon saja dirasa masih belum cukup untuk meningkatkan hasilnya.

Namun sejak bulan Juni, angka penjualan perlahan meningkat walau tak begitu signifikan. Inilah yang dijadikan sebagai kesempatan emas bagi produsen mobil untuk meningkatkan penjualannya yang sempat terpuruk. Terakhir bulan September lalu menghasilkan penjualan yang lebih tinggi dari tiga bulan sebelumnya, meski banyak yang masih was-was.

Penjualan mobil makin terseret
(Foto: Detik Oto)

Tetap Optimis

Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan kalau kondisi di pasar masih belum sepenuhnya stabil, sehingga mereka harus siap menghadapi ‘sesuatu yang tak terduga’. Meski hasilnya sudah membaik, tapi target yang sudah ditetapkan sejak awal tahun takkan bisa tercapai. Walau demikian, HPM tetap optimis bisa bertahan dalam kondisi seperti sekarang.

Untuk sekarang, HPM takkan fokus pada penjualan mobilnya, tetapi pada pangsa pasar. Mereka akan berusaha untuk mempertahankan atau setidaknya meningkatkan pangsanya, meskipun kenaikannya tak terlalu tinggi. Targetnya, Honda Mobil harus bisa menguasai 14,4 persen pangsa pasar roda empat di Tanah Air.

HPM belum yakin kalau industri otomotif Indonesia bakal membaik pada tahun depan, mengingat sepanjang tahun ini saja sudah cukup sulit untuk berjualan. Tapi tetap saja, Honda berharap besar pada penjualan online yang dilakukannya mampu menjadi tumpuan penjualannya untuk saat ini. Dengan begitu, Honda bisa meningkatkan pangsa pasarnya lebih jauh lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply