Rumor Jimny 5-Door Platform Raize, Mungkinkah?

RiderTua.com – Mungkin terdengar aneh kalau Suzuki Jimny 5-door memakai platform Raize. Padahal sebenarnya di India, keduanya bakal saling berhadapan sebagai rival, dan rumor ini tentu terdengar aneh. Tapi kalau Jimny 5-door platform Raize menjadi kenyataan, mungkin itu sesuatu yang bisa diharapkan. Terlebih SUV legendaris ini akan mendapat varian lebih banyak lagi.

Baca juga: Suzuki Jimny Five Door Baru Bisa Dijual Tahun Depan

Jimny 5-Door Platform Raize Menjadi Kenyataan?

Karena ingin menambah variannya, maka Suzuki berpikir untuk membuat versi 5 pintu alias 5-door. Tapi masalah muncul ketika mereka mencari lokasi yang sesuai untuk memproduksi Jimny 5-door, mengingat pabriknya di Jepang sudah penuh semua. Maruti Suzuki akhirnya ditunjuk untuk merakit Jimny versi lebih besar ini dan mulai produksi tahun depan.

Tentu ini akan menjadi kesempatan yang bagus bagi Maruti Suzuki, mengingat Jimny cukup terkenal di seluruh dunia termasuk India. Walau di Negeri Bollywood tersebut model ini lebih dikenal sebagai Gypsy, dan bukan model tiga pintu seperti model aslinya. Tentu saja karena permintaan konsumen disini berbeda dengan pasar internasional.

Jimny 5-door platform Raize

‘Head-to-Head’

Sejak kabar tersebut beredar, banyak orang yang penasaran seperti apa sosoknya nanti, sehingga memunculkan spekulasi. Salah satu diantaranya soal Jimny yang akan memakai platform Toyota Raize, mobil yang baru dijual di Jepang beberapa bulan lalu. Tapi kenapa harus Raize? Bukankah model ini adalah calon rivalnya Jimny 5-door?

Sebenarnya itu bukan sudah hal yang aneh di India, mengingat Toyota dan Suzuki sudah menjalin kerja sama. Jadi kalau Jimny meminjam platform dari Raize masih boleh-boleh saja, walau ini hanya terjadi di India saja. Sementara di negara lain seperti Indonesia mungkin takkan terwujud, karena keduanya saling bersaing di pasar roda empat.

Jika benar memakai platform Raize, maka itu sudah cukup bagi Jimny, apalagi mesin K15B 1.500 cc masih tetap dipakainya. Mesin ini juga dipakaikan pada Ertiga dan XL7 atau XL6, sepertinya dianggap lebih efisien dan tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membuat yang baru.

Be the first to comment

Leave a Reply