Categories: MotoGP

Pol Espargaro: Masalah Ban Bikin Sakit Kepala!

RiderTua.com – Pol Espargaro: Masalah ban bikin sakit kepala… Karena merebaknya wabah, kalender musim MotoGP 2020 menjadi mundur dari jadwal. Balapan baru bisa digelar pada bulan Juli dan hanya dihelat di Eropa saja. Kondisi cuaca semakin dingin di Eropa yang biasanya di geser ke Asia: Thailand- Jepang-Malaysia-Australia.. Pembalap Red Bull KTM itu tahu, kondisi ini juga mempersulit pemasok ban baru Michelin.

Pol Espargaro: Masalah Ban Bikin Sakit Kepala

Ban menjadi bahan perbincangan yang serius di gelaran MotoGP 2020 ini. Bukan hanya karena desain ban belakangnya yang baru, yang juga bikin Andrea Dovizioso sakit kepala. Namun juga karena seri balapan hanya berlangsung di Eropa, yang notabene bersuhu dingin. Seperti halnya balapan di Barcelona dan Le Mans, yang suhunya jauh lebih dingin dari biasanya.

Masalah pada ban yang dialami seluruh pembalap dan tim selama gelaran MotoGP bergulir, bisa menjadi kritikan terhadap pemilihan ban dari pemasok tunggal Michelin.

Dinukil dari Speedweek.com, usai GP Prancis, Pol Espargaro dari tim Red Bull KTM mengatakan, “Jika Anda dapat melihat bahwa, setiap pembalap menggunakan soft depan belakang di semua sesi. Dan tidak ada yang mencoba tipe medium, berarti ‘alokasinya’ tidak baik. Yang jelas, kami juga membahasnya di Safety Commission. Itu terlalu dingin di balapan sebelumnya dan kami semua menggunakan ban senyawa lunak.”

“Kami biasanya dapat menggunakan senyawa yang lebih keras pada ban depan, misalnya di GP Austria. Dengan demikian mendapatkan banyak keuntungan pada saat pengereman. Tapi itu tidak berhasil di Le Mans, dan kami melihat hasilnya di Barcelona ketika mendung dan aspal tidak mencapai suhu yang baik,” kenang bintang Red Bull KTM itu tentang insiden terjatuhnya di GP Catalunya. Di sana, dia dan rekan setimnya Miguel Oliveira termasuk di antara sedikit pembalap yang memilih ban depan medium.

Di Le Mans, seluruh pembalap MotoGP telah menggunakan ban depan dan belakang yang licin dan lembut untuk balapan. Hujan yang turun sesaat sebelum start, membuat balapan ditunda sejenak untuk mengganti ban. 

Namun demikian, Pol Espargaró menyimpulkan, “Jika setiap pembalap menggunakan ban lunak, itu menunjukkan bahwa mereka mungkin harus membawa senyawa yang lebih lembut atau alokasi yang berbeda.”

Pol: Ducati Berhasil Meningkatkan Suhu Ban Sangat Cepat

Di Aragon Ban Tetap Menjadi Masalah serius

Ketika ditanya, Apakah itu juga berlaku untuk seri ganda di Aragon yang akan datang?.. Pol menjawab, “Saya tidak tahu seperti apa trek Aragón nantinya, apakah lebih hangat dan kita bisa menggunakan tipe medium dan kemudian tidak banyak menderita seperti di Le Mans.”

“Tapi kenyataannya adalah kita semua menggunakan senyawa yang lebih lembut. Mungkin solusinya juga akan membuat lebih banyak ban lunak tersedia. Saya tidak tahu, ada beberapa pendekatan. Tapi satu hal yang pasti, jika semua pembalap menggunakan ban soft, maka alokasinya tidak sempurna. Tapi setidaknya ban soft bekerja dengan baik. Mungkin ban kompon ganda (dual-compound) juga bisa menjadi solusi yang baik. Untuk Le Mans misalnya, sedikit lebih keras di bagian kanan dan di sebelah kiri lebih soft.”

Sekedar info, di sirkuit Le Mans akhir pekan lalu, hanya ban belakang yang memiliki desain asimetris dengan sisi kanan yang diperkuat. “Sulit bagi Michelin dengan kondisi dingin ini. Saya tidak tahu, ini rumit, ” ungkap pembalap 29 tahun itu… Sakit kepala mas bro.? Padahal gak ikut nyetak ban dan gratis hehe..

This post was last modified on 14 Oktober 2020 10:21

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta Bisa Menang di Jerez, Tapi Kata Siapa?

RiderTua.com - Baru dua seri berlalu dan kecintaan banyak penggemar MotoGP terhadap Pedro Acosta sudah meroket. Bukan karena bakatnya saja,…

29 Maret 2024

Fermin Aldeguer Datang, Pramac Ducati Hengkang?

RiderTua.com - Bergabungnya Fermin Aldeguer dan dimana ditempatkan masih menjadi misteri... Bahkan kolaborasi Ducati dan tim Pramac juga masih belum…

29 Maret 2024

Marco Bezzecchi Ada Masalah dengan Kopling Ducati

RiderTua.com - Marco Bezzecchi sedang berjuang untuk bertarung di barisan depan di musim MotoGP 2024. Pembalap VR46 memiliki masalah dengan…

29 Maret 2024

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024