Hyundai Recall Kona EV, Masalah Korsleting!

RiderTua.com – Hyundai tiba-tiba mengumumkan recall Kona EV setelah ditemukan masalah pada mobil ini. Masalahnya yaitu adanya potensi kendaraan bisa terbakar dengan sendirinya, gawatnya lagi Hyundai belum menemukan penyebabnya. Sehingga Hyundai harus recall Kona EV di sejumlah negara, termasuk di kampung halamannya. Mereka harus bertindak cepat sebelum insiden lainnya terjadi lagi.

Baca juga: Hyundai Venue Transmisi Manual Nggak Dijual Lagi ?

Hyundai Recall Kona EV di Sejumlah Negara

Hyundai menyebut kalau mereka masih terus mencari penyebab dari masalah korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran pada mobil. Mereka menduga kalau kebakaran tersebut berasal dari sel baterai yang rusak atau cacat produksi. Tapi setelah melakukan serangkaian tes bersama produsen LG Chem Ltd, ternyata sel baterai bukanlah biang kerok dari masalah ini.

Artinya penyebab korsleting tersebut masih belum bisa dipastikan untuk sekarang. Hyundai menerima 13 laporan insiden Kona EV yang terbakar di Austria dan Kanada, yang selanjutnya diteruskan kepada Kementerian Transportasi Korea Selatan. Mengetahui masalah tersebut, pihak kementerian akhirnya meminta merek tersebut untuk segera menarik produknya.

Hyundai recall Kona EV

Masalah Baterai?

Kona EV yang kena recall sebanyak 25.564 unit, entah itu total unit di seluruh dunia atau hanya terbatas di Korea Selatan. Unit tersebut diproduksi mulai bulan September 2017 sampai Maret 2020. Hyundai akan mengirimkan pemberitahuan kepada para pemilik Kona EV untuk segera memperbaiki komponen yang diduga bermasalah.

Sepertinya masalah baterai masih menghantui produsen otomotif disaat era kendaraan ramah lingkungan semakin maju. Contohnya Mitsubishi yang sempat menyetop produksi dan penjualan Outlander PHEV gara-gara komponen baterai yang berpotensi mengalami overheat. Walau sudah diatasi beberapa bulan setelahnya, tapi masalah tersebut tetap membuat produsen mobil was-was.

Kona EV menjadi salah satu mobil yang akan didatangkan ke Indonesia, tapi entah mengapa sampai sekarang belum juga dirilis. Mungkin masalah yang dialami mobil ini membuat Hyundai urung mengenalkannya dulu di Tanah Air sampai semuanya beres. Atau memang karena mereka belum siap membawanya karena belum adanya insentif.

Be the first to comment

Leave a Reply