Mobil Kota Nissan March yang Hampir Terlupakan

RiderTua.com – Sepertinya mobil kota Nissan March sudah hampir terlupakan oleh masyarakat Indonesia. Padahal model ini cukup terkenal sekitar satu dekade lalu, dengan mengusung desain yang simpel tapi terlihat sporty. Mobil kota Nissan March dipastikan tak dijual lagi di Indonesia. Terlebih Nissan takkan membawa generasi terbarunya kesini.

Baca juga: Nissan Livina Duduki Peringkat Satu Penjualan !

Mobil Kota Nissan March Tak Dijual Lagi

March pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2010 silam, dan mulai diproduksi secara lokal di pabriknya di Purwakarta bulan Oktober. Selain dijual di dalam negeri, Nissan Motor Indonesia (NMI) juga mengekspor March ke Australia dengan nama Micra. Jangan bingung ya, karena ini memang adalah nama aslinya March di pasar internasional.

Tapi semua itu tak berjalan semulus yang diduga, karena tiga tahun setelahnya NMI stop produksi March. Sejak saat itu NMI hanya bisa mengekspor city car ini dari Thailand secara CBU (completely built up). Meskipun sudah tak diproduksi lagi, tapi mereka masih berjualan March hingga tak dijual lagi pada akhir tahun 2019.

Mobil kota Nissan March

Masih Dipantau

Jadi kalau March tak diproduksi lagi, kenapa NMI masih jualan? Sepertinya karena masih ada permintaan akan model ini walau angkanya cukup sedikit. Mereka ternyata masih terus jualan March hingga bulan Oktober 2019 lalu, walau hanya terjual sebanyak 4 unit. Seterusnya sampai sekarang, March tak terdeteksi oleh Gaikindo lagi.

NMI mengaku kalau March masih tersedia di sebagian kecil dealer di Indonesia, tapi belum jelas berapa unit yang tersisa sekarang. Mobil ini dijual dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp 185,8 juta, lumayan lebih murah dari city car saat ini. Walaupun desainnya sudah ketinggalan zaman dan NMI tak mau membawa model generasi terbarunya.

Tentu ada penyebab kenapa March tak dijual lagi disini, salah satunya yaitu mengenai pasar city car yang menurun performanya. Saat ini NMI fokus ke segmen yang punya potensi lebih besar dari mobil kota, seperti MPV hingga SUV. Tak hanya itu, pabriknya di Purwakarta sudah ditutup sejak bulan Maret lalu, bersama dengan hengkangnya Datsun dari Tanah Air.

Meski masih ada yang menanyakan keberadaan March, tapi dengan berat hati NMI mengatakan kalau mobil tersebut sudah tak dijual lagi. Sepertinya ini akan menjadi kabar tak mengenakkan bagi konsumen Indonesia, tapi apa boleh buat. Pasarnya yang kian menurun peminatnya membuat NMI harus berhenti fokus ke segmen tersebut.

1 Comment

  1. Nissan “xpander”stoknya masih banyak dipabriknya di bic purwakarta..mungkin ribuan unit..dibiarkan kehujanan dan kepanasan….sayang sekali

Leave a Reply