Penjualan Mobil Listrik Meningkat Tahun Ini, Tandanya ?

RiderTua.com – Dengan tren yang semakin meningkat, penjualan mobil listrik juga meningkat di Indonesia pada tahun ini. Walau sebenarnya angkanya masih belum setinggi mobil konvensional lainnya, tapi hasil tersebut sudah dirasa cukup. Penjualan mobil listrik meningkat selama beberapa bulan terakhir. Ini seperti menandakan kalau era kendaraan ramah lingkungan sudah semakin dekat.

Baca juga: Penjualan Mobil Bulan Agustus 2020, Nissan Bangkit ?

Penjualan Mobil Listrik Meningkat Selama Beberapa Bulan

Memang belum banyak mobil listrik yang dijual disini, tak seperti mobil hybrid biasa. Terlebih untuk bisa memilikinya perlu dilengkapi dengan surat sertifikasi uji tipe alias SRUT, sehingga mobil bisa dikendarai di jalan. Tentu ini kedengarannya merepotkan, karena mobil mesti mendapatkan sertifikat tersebut sebelum dipakai.

Meskipun begitu, kendaraan listrik yang terjual di Tanah Air sudah mencapai 229 unit, itupun mobil yang sudah mendapat SRUT. Ada juga mobil yang masih mendapat surat uji tipe atau SUT hanya sebanyak 29 unit saja. Selisihnya cukup jauh jika dibandingkan dengan model EV dengan SRUT, tentu saja karena keduanya punya perbedaan yang cukup kentara.

Penjualan mobil listrik meningkat

Bedanya SRUT dan SUT

Mobil listrik dengan SRUT adalah kendaraan yang sudah siap dipakai di jalan, sementara EV dengan SUT hanya berupa unit tes jalan alias test drive. Atau mobil tersebut masih berupa prototype dari suatu produsen dan perlu dites sebelum bisa diproduksi atau dijual. Memang produsen mobil harus mengetes produknya, apakah cocok dijual di Indonesia atau tidak.

Sudah ada segelintir merek yang masuk ke dalam SRUT, terdiri dari Mitsubishi, Tesla, Hyundai, BYD, dan ARRTU. Tapi dari unit yang ada, ARRTU Batik terjual sebanyak 100 unit, disusul Tesla Model 3 dengan 38 unit, Mitsubishi Outlander PHEV 26 unit, dan BYD MPV 25 unit. Sementara model lainnya seperti Hyundai Ioniq terjual hingga 23 unit, dan sisanya dibawah 10 unit, seperti Tesla Model S dan X serta BYD K9 dan C6.

Jumlahnya mungkin akan terus meningkat jika ada produsen mobil yang mendatangkan produk lainnya di Indonesia. Nissan dikabarkan ingin datangkan mobil listrik Leaf dalam waktu dekat, walaupun belum jelas kapan EV terlaris ini hadir.

Be the first to comment

Leave a Reply