Penjualan Sepeda Motor Turun Drastis Karena Ini

Honda India motor hecker

RiderTua.com – Tak hanya mobil, penjualan sepeda motor juga turun drastis selama beberapa bulan terakhir. Meskipun hasilnya masih diatas 5 juta unit di seluruh dunia, nyatanya penurunan yang cukup tajam membuat hasilnya jauh dari tahun sebelumnya. penjualan sepeda motor turun disebabkan oleh beberapa penyebab. Tapi penyebab utamanya tentu saja karena kondisi pasar saat ini.

Baca juga: Piaggio Luncurkan Motor Baru Lagi, Roda Tiga !

Penjualan Sepeda Motor Turun Disebabkan Oleh…

Tercatat penjualan motor di seluruh dunia mencapai 9 juta unit, menurun 27,9 persen dari tahun sebelumnya. Tentu ini bukanlah penurunan yang tak sedikit, mengingat penjualan motor bisa mencapai lebih dari 10 juta unit dalam waktu kurang dari setahun. Bahkan empat bulan sebelumnya malah turun hingga hampir 50 persen.

Walau begitu, angka penjualan sudah terpantau naik lagi sejak bulan Agustus lalu, meski hanya naik 9 persen. Ini adalah kenaikan penjualan pertama pada tahun 2020 setelah bulan Februari juga mengalami kenaikan pula. Artinya dari bulan Maret hingga Juli lalu sudah nampak adanya penurunan signifikan.

Penjualan sepeda motor turun

Masih Terancam

Tentu penyebab dari penurunan ini karena performa penjualan pasar roda dua yang menurun selama beberapa bulan terakhir. Terutama pasar paling berpotensial seperti di India yang menurun drastis penjualannya hingga 38 persen. Bahkan karena kondisi seperti itu membuat Harley-Davidson terpaksa menutup pabriknya, tapi tak sepenuhnya hengkang dari sana.

Sementara di wilayah lain seperti Eropa hanya menurun sebesar 4,7 persen, serta di Negeri Panda turun 4,1 persen. Meski sudah meningkat pada bulan Agustus, jika kondisi belum memulih sepenuhnya maka tak bisa naik sepenuhnya. Bahkan kalaupun kembali memburuk pun membuat penurunan penjualan kembali datang.

Memang penurunan ini tak bisa dihindari sepenuhnya oleh produsen sepeda motor, terlepas dari apapun solusinya untuk mengurangi dampaknya. Kalau sudah begitu, maka produsen harus bisa bertahan ditengah situasi seperti ini. Dengan meluncurkan sepeda motor baru atau setidaknya motor edisi spesial setidaknya bisa membantu sedikit dalam mendorong penjualan.

Be the first to comment

Leave a Reply