Norick Abe Seharusnya Berusia 45 Tahun Hari Ini

Valentino Rossi mengakui sebagai penggemar berat Norifumi "Norick" Abe

Norick Abe Seharusnya Berusia 45 Tahun Hari Ini
Norick Abe Seharusnya Berusia 45 Tahun Hari Ini

RiderTua.com – Norifumi “Norick” Abe lahir pada 7 September 1975, di Setagaya City, Tokyo, Jepang. Norick Abe seharusnya berusia 45 tahun hari ini. Salah satu ikon balap motor Jepang, pernah balapan MotoGP 500cc di Indonesia tahun 1996-1997. Penampilan Abe di Suzuka sangat mengesankan Valentino Rossi yang saat itu berusia 14 tahun, sehingga dia mengambil julukan “Rossifumi” dan menggunakannya di awal karirnya untuk menghormati seorang pembalap yang berkomitmen dan spektakuler.

Norick Abe Seharusnya Berusia 45 Tahun Hari Ini (07/09/2020)

Abe menjadi pembalap Jepang pertama yang memenangkan GP Jepang 500cc, mengubahnya dirinya menjadi pahlawan nasional (Jepang) dalam semalam.

26 tahun lalu, Norick Abe membuat penampilan wildcard yang sensasional di Suzuka (tahun 1994). Pembalap berusia 19 tahun itu masih belum dikenal. Tapi moment itu merubahnya saat balapan berlangsung, dimana remaja itu bertarung melawan Kevin Schwantz dan Mick Doohan dengan Honda NSR 500-nya untuk meraih kemenangan, sebelum jatuh tiga lap sebelum bendera kotak-kotak..

Namun pembalap Jepang itu berhasil menang di GP Suzuka 500cc pada tahun 1996 di atas motor Yamaha. Dia menang di depan Alex Criville (Honda) dan Scott Russell (Suzuki). Abe memenangkan dua balapan MotoGP 500cc lainnya: GP Brasil pada tahun 1999 dan GP Jepang pada tahun 2000. Dia meraih total 17 podium, 3 kali menang, 4 kali posisi kedua, 10 kali posisi ketiga.

Karir balapnya tiba-tiba berakhir pada 7 Oktober 2007, ketika Abe tewas dalam kecelakaan di jalan raya di Jepang ketika sebuah truk berbelok secara ilegal di depannya. Meskipun begitu Abe tidak akan pernah dilupakan.

Norick Abe, Wayne Rainey dan Sete Gibernau

Sete Gibernau

“Norick adalah orang yang baik di dalam dan luar trek. Dia adalah bakat yang luar biasa. Campuran antara Tail dan Doohan. Kami membalap bersama dalam tim Roberts dan Wayne Rainey dan menghabiskan banyak waktu bersama. Istrinya pernah bertanya kepada saya.. ‘Mengapa kalian semua orang Eropa memiliki kaki yang begitu panjang?’ Norick pun tertawa-tawa … ” kenang Sete Gibernau..

Valentino Rossi vs Norick Abe Jerez 2001

Valentino Rossi

Valentino Rossi mengakui sebagai penggemar Norifumi “Norick” Abe.. “Saya dulu merupakan salah satu penggemar terberat Norick. Saya masih punya foto dengan tanda tangannya. Balapan dan penampilannya di Suzuka pada tahun 1994 memberi saya banyak motivasi. Setelah itu, saya sangat ingin jadi pembalap motor,” kata Rossi.

“Saya merasa beruntung bisa ikut balapan melawan Norick.. Kami bertarung beberapa kali. Pada tahun 2001 kami berjuang untuk kemenangan di Jerez. Saya punya banyak kenangan unik tentang Norick. Saya juga berhutang budi kepadanya, karena dia telah memberikan banyak kontribusi untuk semangat dan motivasi saya,”

Norick Abe-Loris Capirossi- Jean Michel Bayle -Kenny Roberts J
Marlboro Yamaha Team (1996): Norick Abe, Loris Capirossi, Jean-Michel Bayle dan Kenny Roberts Jr

Kenny Roberts

“Dia memiliki gaya balap yang sangat aneh,” kata sponsor dan bos tim seniornya Kenny Roberts. “Saya melihatnya pertama kali di Amerika. Aku bahkan tidak tahu dia adalah seorang pembalap road race. Saya pikir dia adalah spesialis trek offroad Jepang. Saya mencoba membantunya mengubah gaya balapnya untuk balapan road race dan sirkuit GP. Tapi dia tidak ingin tahu banyak tentang itu. Dia hanya ingin mengambil risiko lebih dari yang lain. “

Be the first to comment

Leave a Reply