Kia Pertimbangkan Rakit Seltos di Indonesia ?

Kia Seltos jadi andalan di Indonesia

RiderTua.com – Karena semakin sukses, Kia mulai pertimbangkan rakit Seltos di Indonesia. Memang bukan dalam waktu dekat, tapi rencana ini sudah lama dirumuskan sejak peluncuran SUV tersebut pada Januari lalu. Kia pertimbangkan rakit Seltos jika permintaan dari konsumen Tanah Air semakin meningkat. Itu terbukti dari hasil penjualan yang didapat selama semester pertama.

Baca juga: Kia Sonet Diuji Coba di Indonesia, Kapan Diluncurkan ?

Kia Pertimbangkan Rakit Seltos Jika Permintaan Meningkat

Sudah lebih dari 7 bulan sejak Seltos diluncurkan di Indonesia, dan ternyata berhasil menjadi tulang punggung penjualan Kia. Hasil yang didapat mobil dari merek asal Korea Selatan ini yaitu mencapai 70 persen dari total penjualan yang didapat Kia sepanjang semester pertama 2020. Sisanya dari model lain seperti Grand Sedona hingga Picanto.

Tapi semua mobil yang dijual Kia di Indonesia berupa model CBU (completely build-up), jadi semuanya kena pajak impor cukup besar. Ini yang membuat Kia pikir-pikir kalau mereka bisa merakit mobil secara lokal, sehingga mereka hanya mendatangkan model CKD (completely knock-down). Seltos menjadi kandidat yang cukup menjanjikan, mengingat penjualannya cukup tinggi.

Kia pertimbangkan rakit Seltos di Indonesia

Masih Pikir-pikir

Meski begitu, mungkin ini akan menjadi sesuatu yang cukup sulit, karena Kia belum punya pabrik produksinya sendiri. Tapi karena Kia berada dalam naungan Indomobil, maka mereka bisa memilih pabrik mana yang bisa ditunjuk untuk memproduksi mobilnya. Kalau sudah memilih pabriknya, tinggal memilih mobil mana yang bisa dirakit.

Seltos memang punya potensi besar untuk dirakit lokal, mengingat hasil penjualannya yang cukup bagus selama ini. Tapi entah apakah Kia ikut mempertimbangkan rakit lokal Grand Sedona juga, karena MPV cukup laris di Tanah Air. Walau rasanya tidak mungkin terjadi, karena Sedona saja masih kalah dari Seltos.

Rencana ini sepertinya akan membawa kabar baik bagi konsumen Indonesia, karena kalau dirakit lokal maka harganya bisa lebih murah. Tapi itu semua tergantung dari permintaan yang ada, termasuk penjualannya. Jika Seltos sangat laris di pasar, maka Kia bisa mewujudkan rencananya.

Be the first to comment

Leave a Reply