Segmen Mobil Hybrid Indonesia Masih Dipimpin Toyota

toyota prius plug-in
toyota prius plug-in

RiderTua.com – Entah mengapa Toyota menjadi pemimpin segmen mobil hybrid Indonesia selama bertahun-tahun lamanya. Padahal mereka juga sudah lama membuat model konvensional alias bermesin bensin dan diesel juga. Sepertinya ini menandakan kalau segmen mobil hybrid Indonesia benar-benar sudah dikuasai oleh Toyota. Bahkan produknya makin lama makin bertambah banyak, sehingga membuat segmen ini menjadi ramai.

Baca juga: Toyota New Hilux Facelift Resmi Dirilis, Ini Harganya

Segmen Mobil Hybrid Indonesia Dikuasai Toyota

Tak seperti negara lainnya, perkembangan segmen hybrid di Indonesia bisa dikatakan sangatlah lambat, itupun termasuk model ramah lingkungan lainnya. Tentu saja ini terjadi karena belum adanya insentif khusus kendaraan ramah lingkungan, sehingga harganya masih lumayan mahal dari mobil bensin. Bahkan dengan Toyota yang menawarkan model hibrida dibawah Rp 1 miliar saja masih dibilang mahal.

Mungkin masyarakat Indonesia masih ingat dengan mobil hybrid pertama Toyota, yaitu Prius HV. Namun karena saat itu kendaraan ramah lingkungan belum cukup populer, maka Prius HV tak mendapat sambutan cukup baik dari konsumen. Meski sempat gagal, tapi Toyota tak mau patah arang dan mulai mencoba cara lain agar produk hibrida bisa diterima baik.

Segmen mobil hybrid Indonesia masih dipimpin Toyota

Alphard dan Corolla

Toyota Astra Motor (TAM) sempat terpikir untuk menjadi pionir segmen mobil hybrid di Indonesia, dengan cara menghadirkan model lainnya selain Prius. Sehingga enam tahun setelah Prius dirilis, TAM menghadirkan produk hibrida bernama Camry Hybrid. Tapi seperti Prius, model ini tak begitu terkenal dan hanya sebagai pengisi ruang varian pada sedan tersebut.

Tahun 2018 menjadi awal dari keseriusan Toyota dalam mengembangkan segmen hybrid, dengan meluncurkan Alphard Hybrid serta Prius Facelift. Setahun setelahnya, tiga varian hybrid diberikan pada New Camry, Corolla Altis, serta C-HR. Baru-baru ini pada tahun 2020, TAM merilis Corolla Cross dengan varian tersebut.

Corolla Cross Hybrid menjadi mobil hibrida Toyota paling murah yang pernah dimilikinya, mungkin juga yang termurah se-Indonesia. Meski sudah menjadi pemimpin, tentu Toyota tak bisa diam begitu saja karena kompetitor lainnya akan menyusulnya. Contohnya Nissan yang sudah mempersiapkan kehadiran Kicks e-Power, sepertinya untuk menantang C-HR Hybrid.

Be the first to comment

Leave a Reply