Porsche Dituduh Curangi Emisi Pada Mobilnya ?

RiderTua.com – Tiba-tiba saja Porsche dituduh curangi emisi terhadap salah satu produk mobilnya. Hal ini terjadi setelah lembaga penguji kendaraan di Jerman melihat adanya keganjilan pada data emisi mobil Porsche. Inilah yang menjadi penyebab Porsche dituduh curangi emisi, meski tak separah Volkswagen. Lalu apa iya mereka melakukannya?

Baca juga: Porsche Panamera Facelift Dirilis Minggu Ini !

Penyebab Porsche Dituduh Curangi Emisi

Otoritas setempat mulai melakukan penyelidikan terhadap tuduhan tersebut mengenai sejumlah produk Porsche. Disebutkan model seperti Panamera hingga 911 tahun produksi 2008 hingga 2013 memiliki data emisi yang tak biasa, bahkan disebut sangat mencurigakan. Kemungkinan Porsche sengaja memakai perangkat lunak alias software untuk memanipulasi datanya.

Sementara itu, Porsche mengaku kalau mereka melakukan manipulasi data emisi, tapi itu hanya berlaku untuk model tahun produksi sebelum 2017. Otomatis, mobil yang diproduksi setahun atau lebih tak ikut terpengaruh. Entah apa alasan mereka melakukan ini, tapi terlepas dari itu, mereka bertanggung jawab atas perbuatannya dan melakukan penyelidikan internal.

Porsche dituduh curangi emisi sejumlah mobilnya

Kedua Kalinya

Ternyata ini sudah kedua kalinya Porsche terlibat dalam kasus manipulasi data emisi. Setahun lalu, Germany Motor Vehicle Authority memberi denda Rp 9,2 miliar untuk Porsche atas dieselgate yang dilakukannya. Meskipun kini masalahnya berbeda dengan sebelumnya, tapi tetap saja pihak otoritas melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Memang masalah ini terdengar seperti kasus dieselgate yang menimpa Volkswagen setahun lalu, dengan denda lebih besar serta banyak mobil yang terlibat manipulasi data emisi. Bahkan merek mewah seperti Mercedes-Benz juga dituduh melakukan hal yang sama dengan Porsche, meski dalam proses penyelidikan. Sehingga total ada tiga merek Jerman yang terlibat dalam masalah serupa.

Terkadang mereka punya alasan kenapa mereka terpaksa menggunakan software untuk memanipulasi data emisi. Salah satunya yaitu agar produknya bisa lolos uji emisi tanpa masalah, walau ini memang dilarang dilakukan. Mercy dan Porsche masih beruntung karena masalah mereka tak sebesar dan separah VW, dimana mereka mengalami sederet masalah yang berkelit setelah dituduh lakukan dieselgate.

Be the first to comment

Leave a Reply