Pajero dan Pajero Sport: ‘Saudara’ Tapi Beda Nasib ?

RiderTua.com – Kabar mengenai Mitsubishi Pajero yang akan dihentikan produksinya cukup mengejutkan. Tentu saja karena mobil SUV ini adalah salah satu andalan merek tersebut selama ini. Meski masih satu ‘turunannya’, baik Pajero maupun Pajero Sport punya nasib yang berbeda. Model Sport-nya masih terus dijual di Indonesia dan negara lainnya.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Disuntik Mati, Kenapa ?

Pajero Maupun Pajero Sport Punya Nasib Berbeda

Melihat dari rekam jejaknya, Pajero pertama kali hadir pada tahun 1982, jauh lebih tua dari Pajero Sport. Tapi berbeda dengan saudaranya yang melalui empat generasi, Pajero Sport (Montero Sport di negara lain) hanya tiga generasi. Namun model ini baru mendapat penyegaran sekitar setahun yang lalu.

Awalnya Pajero terjual cukup banyak di Jepang dan negara lain, tapi dari tahun ke tahun angkanya terus menurun karena semakin ketatnya persaingan. Sementara Pajero Sport terpantau masih baik-baik saja, walau ditengah kondisi seperti sekarang. Jadi Indonesia tak perlu khawatir soal itu.

Nama Serupa, Produk Beda

Soal Pajero Sport sendiri, mobil ini hadir 14 tahun setelah Pajero dijual, atau tepatnya pada tahun 1996. Awalnya hadir dengan nama Challenger, model tersebut makin lama mulai mengundang banyak perhatian konsumen. Bahkan sanggup mengungguli saudaranya sendiri.

MMKSI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia) menanggapi kabar disuntik matinya Pajero di Jepang. Mereka mengatakan kalau ini bukan berarti Pajero Sport juga ikut kena imbasnya. Memang keduanya sama-sama membawa nama Pajero dan berjenis medium SUV, tapi keduanya adalah produk berbeda.

Memang Pajero takkan ada lagi di Jepang, tapi tidak dengan negara lain dimana Mitsubishi masih menjualnya. Walau ada potensi Pajero akan menemui nasib yang sama, dan akan digantikan oleh model lain, atau setidaknya salah satu ‘turunannya’.

Be the first to comment

Leave a Reply