Toyota Kembali Recall Mobilnya Karena Airbag (Lagi)

RiderTua.com – Belum selesai dengan recall Daihatsu, kali ini giliran Toyota Astra Motor (TAM) yang menarik sejumlah mobilnya. Ada enam mobil yang berpotensi bermasalah pada airbag-nya. Ternyata recall mobil Toyota di Indonesia karena masih dengan masalah airbag Takata. Memang ini bukan program baru, tapi tetap harus dituntaskan demi keselamatan pengguna.

Baca juga: Proses Recall Airbag Mobil Honda di Indonesia Terus Berjalan

Recall Mobil Toyota Karena Airbag Takata

Entah mengapa TAM masih belum menuntaskan masalah soal airbag Takata. Masalah ini sempat menimbulkan kepanikan di dunia otomotif, karena sebagian besar produsen menggunakan airbag merek tersebut. Akibatnya ada jutaan unit yang berpotensi menimbulkan masalah fatal dan harus segera diatasi.

Mungkin semua orang sudah tahu bagaimana airbag Takata ini sangat beresiko tinggi. Jika airbag mengembang saat terjadi tabrakan, maka pecahan logamnya akan melukai pengemudi maupun penumpang. Bahkan bisa berakibat fatal seperti dalam kasus yang dialami oleh salah satu mobil merek lain.

Terus Dijalankan

Recall kali ini bukan program baru, melainkan sebagai pengingat bagi konsumen yang belum memperbaiki mobilnya. Produk yang terdampak antara lain Corolla, Vios, Yaris, Camry, NAV1, dan Alphard. Semuanya berupa produk lawas tahun 2001 hingga 2016.

Para pemilik bisa mengecek apakah mobilnya terdampak atau tidak lewat website resmi Toyota Indonesia. Jika bermasalah, maka pemilik dapat memperbaikinya di bengkel resmi dan tak dipungut biaya apapun.

Sebelumnya Honda dan sejumlah merek lainnya melakukan recall airbag Takata. Terakhir ada penarikan mobil dari suatu merek karena airbag bermasalah, tapi tak ada kaitannya dengan Takata. Meski begitu, recall tetap harus dijalankan demi keselamatan semua penggunanya.

Be the first to comment

Leave a Reply