Beberapa Mobil Ini Pernah Kena Recall di Indonesia

RiderTua.com – Di luar negeri, sering ada laporan recall mobil yang melibatkan sejumlah kecil bahkan jutaan unit. Apalagi dengan sejumlah deretan masalah seperti mesin, sabuk pengaman, serta airbag. Indonesia sendiri tak luput dari recall mobil. Meski jumlahnya lebih sedikit dari yang di luar negeri.

Baca juga: Recall Mobil di Indonesia Tak Timbulkan Anggapan Negatif Lagi ?

Indonesia Tak Luput Dari Recall Mobil

Baru-baru ini, Honda Prospect Motor (HPM) menarik puluhan ribu unit dari Jazz, Mobilio, ‘R-V’ series, sampai Civic-City-Accord tahun 2017-2019 karena masalah fuel pump. Ini bukan pertama kalinya mereka melakukan recall (HPM lebih suka menyebutnya sebagai Product Update). Jauh sebelumnya, mereka menarik lebih dari 400 ribu unit mobil setelah ditemukan masalah pada master cylinder dan master power, dan melibatkan model yang sama.

Sementara itu, Toyota Astra Motor (TAM) sudah beberapa kali melakukan recall. Terakhir mereka menarik 60 ribu unit Rush (tak termasuk Terios) karena airbag yang bisa mengembang tiba-tiba. Bahkan mobil mewah seperti Alphard-Vellfire saja pernah di-recall gara-gara masalah seat-belt.

Mitsubishi, Suzuki, Daihatsu

Beda TAM, beda pula dengan Astra Daihatsu Motor (ADM), dimana mereka sejauh ini hanya menarik unit Gran Max-Luxio. Keduanya diketahui mengalami masalah pada komponen connecting rod yang bisa menganggu kerja mesin. Untungnya model ekspor dan terbaru tak ikut terdampak.

Masih seputar fuel pump, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan Nissan Motor Indonesia (NMI) menarik ribuan unit Xpander dan Livina beberapa bulan lalu. Sementara Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejauh ini belum sama sekali. Meskipun Baleno dan Ignis bisa saja di-recall karena masalah yang sama.

Masalah airbag Takata sempat ramai dibicarakan di Indonesia, dan sejumlah merek seperti Honda hingga Toyota harus menarik mobilnya. Jumlahnya tentu sangat banyak karena mereka menjadi langganannya Takata.

Be the first to comment

Leave a Reply