Tak Hanya Tenaga Super, Bugatti Chiron Punya AC Super !

RiderTua.com – Penggunaan AC alias pendingin udara memang menjadi fitur penting bagi mobil, apalagi digunakan saat udara di luar sedang panas. Tapi terkadang AC tak terlalu diperhatikan pada mobil super. Nyatanya supercar Bugatti Chiron punya AC yang berteknologi tinggi. Bahkan disebut jauh lebih ‘bertenaga’ dan canggih dari AC biasa.

Baca juga: Satu Lagi Edisi Spesial Untuk Bugatti Chiron

Supercar Bugatti Chiron Punya AC Berteknologi Tinggi

Ternyata pembuatan pendingin udara untuk Chiron berbeda dari mobil biasa. Salah satu perancangnya, yaitu Julie Lemke, mengaku kalau timnya awalnya kesulitan saat merancangnya. Karena salah satu kendalanya yaitu mencari suhu optimalnya.

Oleh karena itulah dikembangkan teknologi khusus yang dapat mengatur efek AC tanpa bantuan pengemudi. Kemudian, AC bisa bekerja dengan cepat dan tanpa suara, jadi takkan terdengar suara kipas dari pendingin udara layaknya AC pada umumnya. Saking heningnya, pengemudi bakal mengira kalau AC-nya tak bekerja, padahal tidak.

Bugatti Chiron Mobil Tercepat di Dunia Kena Recall
(foto : CarsGuide) Bugatti Chiron 2017

Sangat Diperhatikan

Ternyata tak hanya AC-nya yang diperhatikan Bugatti, tetapi detail lainnya agar bisa bekerja optimal. Seperti kompressor AC dengan kapasitas pendinginan hingga 10 kW, yang berguna untuk mengurangi panas yang diterima dari luar. Kenapa? Sebab desain kaca depan Chiron dianggap bisa menyerap panas lebih banyak dari mobil biasa.

Kalau diperhatikan, kaca depannya punya kemiringan 21,5 derajat, lebih rendah dari ukuran ‘standar’ yang bisa diatas 30 derajat. Apalagi mengingat Chiron adalah mobil super, maka panasnya bisa banyak terserap ke dalam kabin. Oleh karena itulah Bugatti juga memperhatikan kualitas AC, tak hanya tenaga yang dihasilkannya.

Sepertinya ini juga termasuk faktor kenapa harga Chiron begitu mahal. Selain karena mesin bertenaga buasnya, kualitas teknologi pendingin udaranya sudah tak diragukan lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply