Toyota Raize Unggul di Jepang: Corolla Laris, Rocky Keok ?

RiderTua.com – Sementara penjualan mobil di Indonesia masih terseok-seok, di Jepang penjualan terpantau sudah memulih. Meskipun sepanjang bulan-bulan pertama tahun 2020 ini masih belum stabil seperti tahun lalu. Walau begitu, Toyota Raize menjadi mobil SUV terlaris di Negeri Sakura pada periode Januari-Juni 2020. Bahkan hasil ini membuatnya mengungguli kembarannya sendiri, Daihatsu Rocky.

Baca juga: Nissan Magnite akan Jadi Calon Rivalnya Rocky-Raize ?

Toyota Raize Menjadi Mobil Terlaris Januari-Juni 2020

JADA (Japan Automobiles Dealer Association) melaporkan hasil penjualan Raize sepanjang periode tersebut mencapai 58.492 unit. Tentu ini hasil yang sangat memuaskan, meski baru memulai debutnya pada akhir tahun 2019 lalu. Ini membuktikan kalau mobil compact SUV Toyota tersebut diterima dengan baik oleh konsumen Negeri Sakura.

Kemudian sedan Toyota Corolla berada di posisi kedua dengan 57.235 unit terjual, selisih cukup tipis dari Raize. Lalu posisi ketiga diisi oleh hatchback Fit/Jazz, yang terjual sebanyak 50.029 unit. Tak seperti Raize, selisihnya dengan Corolla agak berjauhan, yaitu sekitar 7 ribu unit.

Kembar Tapi Beda Nasib

Lalu kalau Raize ada di posisi teratas, kemana Rocky? Ternyata hasil yang didapat kembaran SUV ini berada di posisi terbawah, yaitu nomor 21. Mobil Daihatsu ini hanya terjual hingga 17.455 unit saja, dan sepertinya keduanya punya nasib berbeda. Memang karena Toyota lebih unggul soal jumlah dealer di Jepang daripada Daihatsu.

Sebenarnya secara keseluruhan Raize bukanlah mobil terlaris, lho. JADA melihat hasil penjualan Honda N-Box yang mencapai 101.454 unit, dan ini hasil tertinggi dari model lainnya. Maklumlah, konsumen Jepang sangat menyukai kei car alias mobil mungil yang diandalkan di perkotaan.

Memang boleh dibilang kalau SUV cukup mendominasi pasar, tapi kei car tetap menjadi nomor satu di Jepang. Di Indonesia malah sebaliknya, dimana SUV atau MPV yang paling laris, meskipun masih banyak konsumen yang mencari mobil mungil.

Be the first to comment

Leave a Reply