Ketika Toyota Fortuner Dikalahkan Oleh Nissan Terra…

RiderTua.com – Segmen SUV ladder-frame masih menjadi incaran bagi konsumen Indonesia. Dari sekian model yang ada, Toyota Fortuner hingga Mitsubishi Pajero Sport yang menjadi bintang di kelas ini. Namun entah mengapa Nissan Terra mampu mengalahkan Fortuner dalam penjualan bulan Mei lalu. Lho, kok bisa?

Baca juga: Nissan Mulai Sebar Teaser Mobil Terbarunya !

Nissan Terra Mengalahkan Fortuner

Sebenarnya Terra hanya menjual 35 unit mobil saja, tapi itu merupakan angka penjualan SUV ladder frame tertinggi kedua pada Mei 2020. Model lainnya yang bahkan terkenal laris seperti Fortuner tak berada di posisi pertama lagi. ‘Rival abadi’ Pajero Sport tersebut harus puas menempati posisi ketiga dengan 30 unit terjual.

Penjualan kedua mobil ini tak setinggi yang diraih Pajero Sport, dimana SUV Mitsubishi tersebut terjual hingga 109 unit pada bulan lalu. Memang hasilnya tak sampai ribuan unit, tapi setidaknya hasil ini cukup memuaskan. Sementara Isuzu MU-X hanya menjual lima unit saja, dan menjadi model yang terjual paling sedikit.

Pasar Menurun

Hasil yang didapat keempat SUV ladder frame tersebut memang sangat sedikit. Karena biasanya baik Fortuner maupun Pajero Sport bisa terjual hingga melebihi 1.000 unit. Tapi keadaan di pasar otomotif inilah yang menyebabkan penurunan cukup besar tersebut.

Secara keseluruhan, penjualan mobil SUV ladder frame hanya mencapai 179 unit saja. Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang bisa tembus 386 unit, penurunannya lebih dari 50 persen. Artinya dampak dari keadaan sekarang benar-benar membuat angka penjualan anjlok.

Sepertinya tahun ini akan menjadi tahun yang sulit bagi mobil yang biasanya terjual laris manis. Tapi keadaan tersebut membuat model yang ‘underrated’ atau tak terlalu tenar seperti Terra mulai muncul ke permukaan.

Be the first to comment

Leave a Reply