Toyota Prius Kena Recall Karena Masalah Ini

RiderTua.com – Sepanjang tahun ini, makin banyak kasus recall yang dilakukan oleh produsen mobil. Kali ini Toyota kembali mengumumkan penarikan terhadap salah satu produknya. Mobil hybrid Prius yang disebut kena recall karena masalah pada sistem hybrid-nya. Jumlah unit yang terdampak mencapai lebih dari 200 ribu unit!

2017 Toyota Prius Prime (plug-in hybrid)
Baca juga: Toyota Indonesia Umumkan Recall Alphard-Vellfire !

Prius Kena Recall Karena Masalah Sistem Hybrid

Dari hasil penyelidikan, Toyota menemukan adanya masalah dari sistem hybrid pada Prius. Ketika memasuki mode berkendara, salah satu sistem dapat bekerja dengan tidak baik sehingga mesin kehilangan tenaga atau stall. Terdengar sepele, tapi akan sangat berbahaya jika mobil masih melaju dalam kecepatan tinggi.

Toyota mencatat ada 267 ribu unit Prius yang berpotensi menimbulkan masalah tersebut dan harus diperbaiki. Model yang terlibat yaitu unit Prius biasa dan Prius V yang dirakit pada tahun 2013-2015, dan 2014-2017. Sepertinya karena memang laris disana, jadi banyak unit yang kena recall.

Perbaikan Gratis

Toyota akan memanggil semua pemilik mobil Prius yang terdampak untuk segera mendatangi ke dealer untuk melakukan pengecekan. Jika ditemukan ada masalah, maka akan langsung ditangani oleh teknisi. Dengan cara memperbarui sistem hybrid-nya serta perbaikan atau penggantian inverter.

Pemilik tentu tak dipungut biaya apapun untuk perbaikan mobilnya. Dan seperti biasanya, Toyota mengumumkan kampanye recall tersebut akan dimulai sekitar akhir bulan Agustus mendatang. Jadi pemilik bisa punya waktu banyak untuk bisa mengeceknya sendiri.

Sepertinya tahun ini akan ada banyak mobil yang kena recall. Terakhir Toyota mengumumkan penarikan terhadap sejumlah unit Alphard-Vellfire di Indonesia karena suatu masalah. Masih di Tanah Air, baru-baru ini ada recall dari Mitsubishi-Nissan terhadap duo Xpander-Livina karena pompa bensin yang bisa tak berfungsi dengan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply