Siapa yang Akan Memakai Nomor 46 Valentino Rossi Jika Pensiun?

Nomor 34 yang dipakai Kevin Schwantz yang legendaris adalah nomor pertama yang dihapus dalam sejarah MotoGP.

Valentino Rossi 46

RiderTua.com – Nomor yang digunakan para pembalap MotoGP adalah untuk mengidentifikasi peserta dalam suatu perlombaan. Dalam musim-musim terakhir ada beberapa nomor yang dihapus dari pilihan pembalap seperti nomor milik Schwantz (34) atau Simoncelli (58). Sebagian dihapus karena pemiliknya meninggal.. Ada nomor dengan tujuan unik seperti Dani Pedrosa, namun siapa yang akan memakai nomor 46 Valentino Rossi jika pensiun?

Siapa yang Akan Memakai Nomor 46 Valentino Rossi Jika Pensiun

Nomor 34 yang dipakai Kevin Schwantz yang legendaris adalah nomor pertama yang dihapus dalam sejarah MotoGP. Kemudian nomor 74 dari Daijiro Kato, nomor 65 dari Loris Capirossi, 48 dari Shoya Tomizawa (Moto2), 58 dari Marco Simoncelli dan 69 terakhir dari Nicky Hayden. Setelah kematian Luis Salom, diumumkan juga bahwa nomor 39-nya, akan dihapus dari Moto2, meskipun belum secara resmi dilakukan.

Nomor Runner-Up

Dani_Pedrosa_2008_Valencia
Dani Pedrosa 2008 (Valencia)

Yang unik adalah Dani Pedrosa, dia pernah meninggalkan ‘nomor 26‘ dan menggantinya dengan ‘nomor 2‘ pada 2008. Infonya sebagai rasa bangga menjadi runner-up MotoGP. Sementara itu Valentino Rossi dan Marc Marquez yang tidak pernah memakai nomor 1 dalam kategori MotoGP.

Nomor 46 Rossi

Valentino Rossi VR46

Valentino Rossi menjaga nomornya dengan sangat baik, merawat dari awal karirnya dan hingga saat ini yaitu 46. Dengan warna kuning dan matahari serta bulan. Sebuah simbologi yang utuh dan di MotoGP semua ini sangat berarti. Nomor 46 dari Juara dunia sembilan kali ini sejauh ini tak bisa lepas darinya. Bahkan menjadi identitas. Bagaimana jika Rossi pensiun kelak.. Siapa yang akan memakai nomornya..?

“Tentang nomor saya, pemikiran pertama saya adalah saya tidak suka kalau nomor 46 dihapus. Saya lebih suka nomor ini tetap ada dan jika ada pembalap lain ingin mengambil nomor itu mereka bisa melakukannya,” kata Valentino Rossi di Misano, 4 tahun silam (8/9/16)…

Jorge Martin - Miguel Oliveira
Jorge Martin – Miguel Oliveira

Rebutan Nomor

Banyak kasus pembalap kecewa karena nomornya sama, setelah naik atau pindah kategori. Miguel Oliveira, yang selalu menggunakan nomor 44 dan ketika di MotoGP nomornya sama dengan Pol Espargaro. Akhirnya Oliveira harus puas dengan nomor 88. Dimana tahun depan Jorge Martin yang kini memakai nomor 88 akan kecewa juga. Tahun depan dia naik ke MotoGP tim Pramac dan nomornya sudah dipakai Oliveira..

Hal serupa juga terjadi dengan Bagnaia yang harus memakai nomor 63. Karena nomor 21 favoritnya sudah dipakai oleh Morbidelli dan 42 dimiliki oleh Rins.

1 Comment

Leave a Reply