Toyota Raize Laris 3 Kali Lipat dari Daihatsu Rocky !

RiderTua.com – Walau berupa mobil kembar, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky punya perbedaan masing-masing. Secara penampilan agak mirip, tapi tentu mereka punya fitur agak sedikit berbeda. Tapi kalau soal penjualan, Raize malah jauh lebih unggul dari Rocky. Seakan mobil compact SUV ini menjadi raja di segmennya di Jepang.

Baca juga: Kapan Toyota-Daihatsu Bisa Hadirkan Raize-Rocky di Indonesia ?

Raize Jauh Lebih Unggul dari Rocky

Tak terasa sudah tujuh bulan berlalu sejak Raize-Rocky dijual di Jepang setelah peluncurannya. Kini hasil penjualan keduanya sudah dipublikasikan, dengan Raize terjual hingga 62.270 unit dan Rocky 23.103 unit.

Bisa terlihat selisih keduanya sangat berjauhan hingga 40 ribu unit. Padahal keduanya punya spesifikasi yang hampir serupa, dan keduanya juga punya catatan rating tes tabrak hingga lima bintang, dan itu sudah hasil yang bagus. Lalu kenapa Rocky tak seunggul saudaranya sendiri?

Hal yang Biasa

Sebenarnya itu sudah hal yang biasa terlihat dari mobil kembar Toyota-Daihatsu. Toh, lihat saja penjualan Avanza-Xenia dan Rush-Terios yang selisihnya sangat besar, walau tak sejauh Raize-Rocky. Kecuali untuk Daihatsu Sigra, dimana penjualannya selalu mengungguli Toyota Calya.

Lalu alasan lainnya kenapa Raize laris manis yaitu jumlah dealer Toyota di kampung halamannya lebih banyak dari Daihatsu. Terhitung mereka punya 4,9 ribu cabang sedangkan Daihatsu hanya 720 cabang saja. Seakan Toyota unggul dalam segala hal, baik penjualan maupun jumlah dealer yang dimilikinya.

Meski begitu, Daihatsu malah paling untung karena produsen inilah yang merakit kedua mobil tersebut. Jadi walau Rocky tak terjual sebanyak Raize, setidaknya itu menguntungkan Daihatsu.

Be the first to comment

Leave a Reply