Duo SUV Rocky-Raize Jalani Crash Test, Ini Hasilnya !

RiderTua.com – Tak terasa sudah delapan bulan berlalu sejak Toyota-Daihatsu mengenalkan mobil kembar compact SUV, Raize dan Rocky. Dalam waktu singkat saja keduanya sudah menjadi buruan konsumen Jepang. Rocky-Raize baru saja menjalani crash test yang dilakukan oleh JNCAP (Japan New Car Assessment Program). Hasilnya? Dapat nilai sempurna!

Baca juga: Honda ZR-V Jadi Calon Penantang Duo Rocky-Raize ?

Rocky-Raize Menjalani Crash Test JNCAP

Entah keduanya baru menjalani tes atau hasilnya baru dikeluarkan oleh pihak JNCAP, sepertinya hasil tersebut membuat Toyota-Daihatsu lega. Karena selain sukses dalam penjualan, juga sukses melalui tes tabrak yang begitu rumit. Lalu bagaimana rinciannya?

Baik Raize maupun Rocky sama-sama mendapat skor 85,7 poin dari 100 poin maksimal untuk performa keselamatan saat terjadi tabrakan. Tentu itu angka yang cukup bagus untuk mobil baru. Bahkan keduanya mendapat poin 5/5 untuk uji tabrak frontal sisi penumpang, offset sisi pengemudi, offset kursi penumpang belakang, tabrakan samping sisi pengemudi, sampai perlindungan kepala.

Ada Hasil yang Tak Sama?

Skor baik lainnya juga diperoleh pada kategori Performa Keselamatan Preventif, dengan skor 73,6/141 AV++. Walau sama-sama menorehkan skor bagus, tapi Rocky dan Raize mencatatkan skor berbeda pada tes Autonomous Emergency Braking. Dimana keduanya punya hasil bervariasi, karena Rocky-Raize punya ‘standar’ yang berbeda.

Dengan begitu, Rocky-Raize menjadi mobil Toyota-Daihatsu yang memperoleh nilai sangat baik pada crash test. Raize dimasukkan dalam jajaran mobil Toyota yang mendapat hasil sempurna pada tes tabrak di beberapa wilayah. Contohnya hatchback Corolla generasi ke-10 yang mendapat 5 bintang pada Australasian NCAP. Tinggal tunggu saja hasil tes untuk versi ASEAN NCAP, karena Raize sudah lebih dulu hadir di Singapura.

Be the first to comment

Leave a Reply