Semua Pabrik Nissan di Indonesia Resmi Ditutup !

Pabrik Nissan di Jepang Diijinkan Produksi Lagi

RiderTua.com – Sebelumnya Nissan Indonesia menutup satu dari dua pabriknya. Diketahui pabrik ini sebelumnya membuat mobil Datsun. Kini pabrik Nissan yang tersisa di Purwarkarta sudah mulai ditutup. Dengan begitu, mereka tak bisa lagi merakit mobil secara lokal.

Baca juga: Dua Mobil Sport Nissan Terancam Dihentikan Produksinya ?

Pabrik Nissan yang Tersisa Ditutup

Keputusan Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk menutup pabrik yang tersisa bukanlah tanpa alasan. Akhir-akhir ini Nissan terpuruk dengan kondisi yang melanda selama beberapa bulan terakhir. Sehingga mereka harus ‘mengorbankan’ pabriknya demi berhemat.

Sejak eks-CEO Nissan terlibat skandal, perusahaannya seakan kena imbas dari masalah tersebut. Bahkan dampaknya sangat besar dan hampir membubarkan aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault. Ada yang menyebut kalau mereka tak segera mencari solusi untuk menyelamatkannya, maka Nissan tamat.

Kurangi Produksi

Untuk itulah Nissan mulai melakukan restrukturisasi besar-besaran, termasuk mengurangi jumlah pabrik yang ada di seluruh dunia. Selain itu, Nissan juga kurangi angka kapasitas produksi hingga 20 persen, menjadi 5,4 juta unit per tahunnya. Datsun ramai dibicarakan akan kembali ‘disuntik mati’ untuk bisa mempertahankan perusahaan induknya.

perayaan 300.000 penjualan datsun
(Foto: Tribunnews.com) perayaan 300.000 penjualan datsun

Lalu bagaimana dengan mobil yang mau dijual di Indonesia? Tenang, NMI masih bisa mendapat stoknya dari pabrik Thailand atau Jepang. Walau ada juga yang dirakit oleh produsen lain, contohnya Livina yang dibuat oleh Mitsubishi. Memang karena Mitsubishi masih satu aliansi dengan Nissan, dan Livina memakai platform-nya Xpander.

Meski pabriknya ditutup, NMI masih tetap hadir di Indonesia untuk berjualan mobil, tak seperti Datsun. Merek mobil murah ini sudah tak lagi dijual di Tanah Air, tapi tidak bagi Nissan.

Be the first to comment

Leave a Reply