Nissan Ingin Buat Fairlady Z Semakin Bertenaga !

RiderTua.com – Dari sekian mobil yang dijual Nissan, usia Fairlady Z terbilang cukup tua. Sportcar ini pertama kali dirilis pada tahun 2009, dan sudah punya penerusnya. Tapi entah mengapa Nissan mau membuat Fairlady Z lebih bertenaga dari sebelumnya. Atau dalam arti lain, model terbarunya dengan mesin lebih besar.

Baca juga: Nissan e-Power Resmi Dikenalkan di Thailand

Nissan Fairlady Z Lebih Bertenaga

Kabar mengenai Fairlady Z sempat muncul sejak Nissan diam-diam mematenkan logo baru untuk model ‘Z’. Sebenarnya Z-Series di Jepang lebih tenar disebut sebagai Fairlady Z. Lalu apa ada hubungannya dengan logo tersebut? Bisa jadi.

Salah satu ‘bocoran’ dari media mengatakan kalau mobil terbaru Nissan Fairlady Z berupa kode ‘480Z’. Kalau membandingkannya dengan model sebelumnya, angka ini bisa menjadi penanda tenaga atau mesin yang digendongnya. Kalau bukan mesin 4.800 cc, bisa saja tenaganya sebesar 480 hp.

Tenaga Super

Kisaran tenaga tersebut bisa dikatakan sangatlah besar untuk ukuran sportcar seperti Fairlady Z. Mesinnya disebut bukan 4.800 cc, tapi 3.000 cc V6 Twin-Turbo yang dipakai oleh Infiniti Q60 Red Sport 400. Sesuai ‘kode’ dibelakangnya, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 400 hp, bahkan bisa ditingkatkan lagi.

Kalau membahas mobil baru tentu tak lengkap tanpa membahas sosoknya. Melihat dari model Fairlady Z dari berbagai generasi, entah apa Nissan ingin membuat Fairlady Z terbaru menjadi lebih modern. Karena model terakhirnya punya desain yang cukup sporty.

Sasisnya mungkin masih ‘dipinjam’ dari Fairlady Z Z34 (370Z untuk versi global). Cara ini dianggap lebih hemat biaya pengembangan, mengingat kondisi yang dialami oleh Nissan saat ini. Kalau saja mereka mau buat yang baru, maka biaya yang dikeluarkan pun tak sedikit. Walau ada cara lain seperti menggandeng merek otomotif lainnya untuk membuatnya bersama-sama, layaknya Toyota dan BMW.

Be the first to comment

Leave a Reply