Saking Mudahnya Yamaha M1 buat Nikung: Elbow Down Pakai Satu Tangan!

Di MotoGP, Yamaha begitu jago saat single lap ( kualifikasi), namun ketika dia terhalang oleh motor lain: racing line ideal-nya 'rusak' dan cornering speednya gak berguna

Maverick Vinales Yamaha M1

RiderTua.com – Foto diatas diambil saat Tes MotoGP Qatar Day-3 beberapa saat yang lalu dengan M1 2020. Memang bukan moment pas lagi mencari waktu tercepat, bisa jadi selebrasi saat Maverick Vinales mengukuhkan waktu tercepat dengan 1:53.858 memimpin atas Morbidelli dengan gap 0,033 detik… Namun dilihat dari sudut gambar motor terlihat enak buat nikung.. Jorge Lorenzo pernah bilang Yamaha M1 cocok dengan gaya balap yang mengalir dan halus.. Saking mudahnya Yamaha M1 buat nikung: Elbow Down pakai satu tangan..

Saking Mudahnya Yamaha M1 buat Nikung: Elbow Down Pakai Satu Tangan!

Jorge Lorenzo berujar: “Saya melihat bahwa sepeda motor Yamaha masih merupakan motor yang jinak, sebuah motor yang sangat ramah bagi pembalap, tidak terlalu menuntut fisik. Yamaha adalah motor yang menurut saya sesuai dengan karakteristik gaya balapku, masih ideal. Yamaha adalah motor yang paling cocok untuk seseorang yang berkendara dengan gaya mengalir seperti saya”.

Berbeda dengan Ducati dan Honda yang membutuhkan bantuan tubuh pembalap lebih banyak untuk membuat motor bisa berbelok cepat. Yamaha sangat stabil saat melibas tikungan. Tinggal membuat racing line yang benar motornya akan melesat cepat saat cornering. Itulah alasannya kenapa Yamaha begitu jago saat single lap ( kualifikasi), namun ketika dia terhalang oleh motor lain: racing line ideal-nya ‘rusak’ dan cornering speednya gak berguna..

Yamaha harus di depan lawan saat di tikungan, masalahnya saat di trek lurus dia kalah top speed oleh motor Honda dan Ducati.. Atau pintar-pintarnya pembalap untuk menutup racing line dan melakukan slipstreaming saat di trek lurus…

Ducati adalah motor yang sangat kuat, ciri khasnya adalah powernya yang besar. Namun sedikit sulit dikendalikan, dan sekarang sudah mulai ramah dengan pembalap. Mengenai Honda, adalah motor yang sangat gesit. Meskipun hanya Marquez yang bisa memaksimalkan potensi motor dengan gaya balapnya yang unik..

1 Comment

Leave a Reply