Mesin Rotary Mazda akan ‘Diturunkan’ ke MX-30 ?

RiderTua.com – Mobil – Bagi pecinta mobil Mazda, pasti banyak yang tahu soal mesin rotary khasnya. Mesin inilah yang membuat nama Mazda dikenal, terutama untuk RX-8. Sayang model tersebut dihentikan produksinya pada tahun 2012 silam. Kini dikabarkan mesin rotary Mazda akan ‘diturunkan’ ke model MX-30.

Baca juga: Pilih Mana, Mazda CX-3 atau Hyundai Kona ?

Mesin Rotary Mazda akan ‘Diturunkan’ ke MX-30 ?

Setelah RX-8 ‘pergi’, banyak yang berharap Mazda bisa membuat RX-9 sebagai penerusnya. Namun semuanya pupus setelah Mazda ‘menunjuk’ MX-30. Nantinya model ini akan dilengkapi dengan mesin rotary.

Sebenarnya MX-30 merupakan mobil listrik terbaru dari Mazda. Lalu kenapa harus model ini yang mendapat mesin rotari? Mungkin karena ini adalah mobil listrik pertama yang dimiliki oleh pabrikan Jepang tersebut. Apalagi model pintu ‘freestyle’ juga didapat dari model RX-8.

Kalau mesin listrik dengan rotari sebenarnya bukan hal yang baru bagi Mazda. Tahun 2013 lalu, mereka pernah melakukan ‘eksperimen’ terhadap Mazda 2 EV. Dengan rotari, daya tempuhnya malah naik dua kali lipat dari sebelumnya.

Artinya Mazda ingin mengulangi kesuksesannya seperti yang dilakukan pada Mazda 2 EV-Rotary. Ada kabar kalau MX-30 bermesin rotari tersebut akan dikenal sebagai Range Extender. Tentu sebagai mobil listrik, tapi dengan daya tempuh lebih jauh dari model biasa.

Sepertinya cukup menarik untuk ditunggu, apalagi mesin rotari punya sejarahnya tersendiri bagi Mazda. Walau tak menggunakan RX series lagi, setidaknya mesin tersebut akan ‘diturunkan’ pada MX-30.

Be the first to comment

Leave a Reply